Lihat ke Halaman Asli

AHMAD ALIFUDDIN

Mahasiswa UMJ jurusan komunikasi dan penyiaran islam penerima program beasiswa 1000 da'i bamuis BNI

Kerendahan Hati dalam Berdakwah

Diperbarui: 19 Mei 2023   16:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Dakwah merupakan suatu proses penyampaian, ajakan atau seruan kepada orang lain atau kepada masyarakat agar mau memeluk, mempelajari, dan mengamalkan ajaran agama secara sadar, sehingga membangkitkan dan mengembalikan potensi fitri orang itu.

Hati yang bisa mendasari sebuah niat, merupakan hal yang harus menjadi pondasi utama dalam seorang pendakwah untuk mensyiarkan ajaran-ajaran yang telah ia yakini dan percaya terlebih dahulu.

Dakwah berpuncak pada kesadaran dari da'i ataupun mad'u, tanpa kesadaran yang mendasari dihati setiap insan, maka hal apapun yang disampaikan atau tersampaikan tidak akan terhantar kedalam jiwa.

Kesabaran dalam berdakwah menjadi sebuah kunci dalam suksesnya suatu dakwah tersebut, seorang da'i tidak boleh mengedepankan hati yang baperan dan emosi dalam menyiarkan sesuatu, semua harus kembali kepada kesabaran dan kerendahan hati yang dalam. Bicara dari hati ke hati, memahami isi hati, dan menhadirkan kasih sayang dari hati ke hati.

Setinggi apapun ilmu seorang da'i, sebanyak apapun pengalaman yang ia dapatkan dari berdakwah, jikalau ia masih meninggi dan sombong, tidak sabar akan hal-hal yang ia hadapi dalam dakwah tanpa ada kerendahan hati, maka kualitas dirinya bukan hanya tidak akan sukses di mata manusia, akan tapi akan sangat rendah bahkan tiada nilainya dalam dirinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline