Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Alfian Hakim

Mahasiswa UNISSULA

Maraknya Kasus Pencabulan oleh PNS dan Ketenagakerjaan kepada Anak Dibawah Umur di Indonesia

Diperbarui: 3 November 2022   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Artikel maraknya Kasus pencabulan seorang pns atau ketenagakerjaan di indonesia

Pelanggaran Hak Asasi Manusia adalah setiap perbuatan seseoarang atau kelompok orangtermasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secaramelawan hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut Hak Asasi Manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-undang, dan tidak mendapatkan ataudikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku (Pasal 1 angka 6 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM) & Pasal 81 Ayat (3) atau Pasal 82 Ayat (2) UURI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak ditambah 1/3 dari ancaman pidana pada Ayat (1) dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara. 

Pelanggaran HAM disini yaitu pencabulan Anak yang marak muncul sekarang ini,dimana hampir di setiap provinsi di Negara Indonesia telah terjadi kasus pencabulan Anak.Kejahatan pencabulan secara umum merupakan perbuatan atau tindakan melanggar kesusilaanyang sengaja merusak kesopanan di muka umum atau orang lain tidak atas kemauan, si korban,dengan paksaan dan melalui ancaman kekerasan.

Undang-undang mengancam pidana bagi siapasaja yang melanggar perbuatan tersebut. Sementara itu, yang dimaksud di muka umum adalah,misalnya di gedung-gedung sekolah, sekumpulan orang banyak, tempat-tempat yang dapatdidatangi setiap orang dan sebagainya. Melalui berbagai media masa dapat diketahui hampirsetiap hari terjadi kejahatan dengan berbagai jenisnya. 

Demikian pula dengan pelaku kejahatansendiri, siapapun dapat menjadi pelaku dari kejahatan, apakah pelakunya masih anak-anak, orangyang berusia lanjut baik laki-laki ataupun perempuan. 

Kemajuan teknologi yang terjadi pada saat ini telah membawa dampak perubahan bagimasyarakat, baik itu dampak yang positif maupun dampak negatif. Kemajuan teknologimenyebabkan komunikasi antara negara menjadi semakin mudah dan lancar, sehinggakebudayaan luar negeri lebih terasa pengaruhnya. 

Dampak yang paling terasa adalah pada tata budaya, moral, dan tata sosial masyarakat pada umumnya dan pada generasi muda khususnya.Akhir – akhir ini banyak terjadi kasus tentang pencabulan terhadap anak, di mana pelakunyaadalah Orang Tua Korban, Pacar Korban, Teman Korban dan Orang – orang yang disekelilingnya

Adapun beberapa contoh kasus yang telah terjadi yaitu : 

1. Kasus pencabulan seorang guru PNS kepada muridnya di pekon pegung penegahan, kabupaten pesisir barat

2. Guru PNS cabuli 8 murid SD di wonogiri

Saran 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline