Lihat ke Halaman Asli

Bocchi The Rock dan K-On, Manakah yang Lebih Menarik?

Diperbarui: 27 September 2023   19:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Semua pecinta anime pasti sudah tidak asing dengan kedua anime ini, Bocchi the Rock dan K-On merupakan anime yang bergenre musik dengan suasana yang santai dan menenangkan. Dan tentu saja pasti banyak fans yang membandingkan kedua serial tersebut yang membuat mereka bingung mana yang lebih terbaik di antara kedua anime tersebut. Tetapi cukup banyak juga fans yang mengatakan jika Bocchi The Rock adalah K-On versi modern.

Bagi kalian yang belum tau kedua anime ini, Bocchi The Rock adalah anime genre musik yang rilis pada akhir Desember 2022 kemarin. Sementara, K-On adalah anime genre musik yang pertama kali rilis di pertengahan tahun 2009, lalu season 2 rilis di tahun 2010 dan movie nya rilis di tahun 2011. Jadi, bisa dibilang bahwa anime K-On sudah berumur lebih dari 10 tahun, sedangkan Bocchi The Rock masih terbilang baru.

Kedua anime ini bisa dibilang mirip karena semua karakter nya adalah perempuan yang ingin bermain musik dan membentuk band, tetapi semua anggota K-On berasal dari satu sekolah yang sama sedangkan Bocchi The Rock berasal dari sekolah yang berbeda

K-On hampir mirip dengan Bocchi The Rock, yaitu bercerita tentang seorang gadis perempuan yang bergabung dengan grup band. Dan K-On akan memperlihatkan pengembangan karakter dari Yui yang awalnya tidak mempunyai tujuan hingga di episode 12 dia menyadari bahwa dirinya sudah menemukan tujuannya. 

Nah, untuk Bocchi The Rock memperlihatkan Bocchi yang awalnya seorang introvert berat dan tidak mempunyai teman sama sekali hingga akhirnya di episode 12 Bocchi dapat tampil di hadapan banyak orang. Namun, Bocchi lebih baik dalam hal menunjukan perkembangan karakter, mulai dari Bocchi yang selalu di sorot setiap episode.

Untuk bagian komedi kedua anime memiliki komedinya masing masing, tetapi di K-On tidak terlalu diperlihatkan sikap lucu dari setiap karakternya. Hanya saja lebih banyak momen imut daripada lucunya.

Berbeda dengan Bocchi yang memang lucu karena animasi yang dibuat berlebihan ditambah dengan segala hal random yang Bocchi miliki dan penggambaran anime nya yang dibuat lucu.

Dari segi visual, K-On ditampilkan dengan visual yang manis dan bisa dibilang anime yang santai. Hal ini dapat kita sadari hanya dengan melihat desain karakternya yang ekspresinya dibuat manis dibanding Bocchi The Rock yang desain karakternya lebih biasa tetapi menarik. 

Lalu K-On di setiap scene nya dibuat seperti biasa, sementara Bocchi The Rock sangat berbeda dengan memasukkan banyak scene unik mulai dari gambar Relife dan juga perubahan art style yang mendadak. Hal ini pasti membuat pengalaman menonton Bocchi The Rock lebih menyenangkan daripada menonton K-On.

Sekarang bagian inti yang menarik, yaitu musiknya. Sebagai kita yang menyukai kedua anime tersebut sudah pasti kita akan membandingkan kedua musik di anime ini. 

Mulai dari bagian opening dan endingnya, K-On lebih jauh banyak karena memiliki 3 opening dan 3 ending. Sementara Bocchi The Rock hanya memiliki 1 opening dan 1 ending musik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline