Lihat ke Halaman Asli

Pengakuan Tokoh Dunia terhadap Nabi Muhammad SAW

Diperbarui: 16 September 2024   08:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://suaraindonesia.co.id/

Nabi Muhammad SAW diakui tidak hanya oleh umat Muslim, tetapi juga oleh banyak tokoh dunia dari berbagai latar belakang agama, kebudayaan, dan bangsa. Kepribadian, kepemimpinan, serta ajaran yang beliau bawa diakui sebagai salah satu pengaruh terbesar dalam sejarah umat manusia.

Michael H. Hart, seorang astrofisikawan dan sejarawan asal Amerika, dalam bukunya The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History menempatkan Nabi Muhammad SAW di urutan pertama sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah.

"Pilihan saya menempatkan Muhammad sebagai yang pertama di daftar tokoh paling berpengaruh di dunia mungkin mengejutkan sebagian pembaca dan mungkin dipertanyakan oleh yang lain, tetapi dia adalah satu-satunya orang dalam sejarah yang berhasil secara luar biasa baik di bidang agama maupun sekuler." --- Michael H. Hart, The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History.

Hart mengakui bahwa Nabi Muhammad SAW tidak hanya sukses sebagai seorang pemimpin agama, tetapi juga sebagai pemimpin politik. Beliau membawa perubahan besar dalam masyarakat Arab dan mewariskan ajaran yang diikuti oleh lebih dari satu miliar orang di dunia saat ini.

George Bernard Shaw, seorang penulis dan dramawan terkenal dari Inggris, memiliki pandangan yang sangat positif tentang Nabi Muhammad SAW. Ia bahkan menyebut bahwa jika dunia dipimpin oleh tokoh seperti Nabi Muhammad SAW, dunia akan lebih damai dan sejahtera.

"Saya telah mempelajari dia -- seorang manusia luar biasa, dan menurut pendapat saya, jauh dari menjadi anti-Kristus, dia harus disebut sebagai Penyelamat Umat Manusia... Jika seorang seperti dia memegang kendali dunia modern, ia akan berhasil menyelesaikan masalah-masalahnya dengan cara yang akan membawa kedamaian dan kebahagiaan yang sangat dibutuhkan." --- Sir George Bernard Shaw, The Genuine Islam (1936).

Shaw menyebut Nabi Muhammad SAW sebagai 'penyelamat umat manusia' dan yakin bahwa ajarannya dapat membawa kedamaian dan solusi bagi berbagai masalah dunia modern.

Thomas Carlyle, seorang sejarawan dan filsuf asal Skotlandia, mengagumi karakter dan ketulusan Nabi Muhammad SAW. Dalam salah satu karyanya yang terkenal Carlyle membahas tentang kejujuran Nabi Muhammad SAW dan bagaimana beliau adalah pemimpin sejati yang menginspirasi jutaan orang.

"Kebohongan (fitnah Barat) yang dengan niat baik telah dilemparkan kepada orang ini (Muhammad) sangat memalukan bagi kita sendiri... Jiwa besar yang sunyi, salah satu dari mereka yang tidak dapat tidak menjadi sungguh-sungguh; dia adalah orang yang menyalakan dunia, Pencipta Dunia memerintahkannya demikian." --- Thomas Carlyle, Heroes and Hero Worship (1840).

Carlyle sangat kritis terhadap pandangan negatif yang sering diberikan oleh dunia Barat terhadap Nabi Muhammad SAW dan menegaskan bahwa beliau adalah sosok yang penuh keseriusan dan integritas, seorang pahlawan sejati.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline