Lihat ke Halaman Asli

Film Horor: Low Budget High Profit

Diperbarui: 2 Oktober 2023   19:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

quora.com

Gak punya duit tapi mau bikin film? Mimpi kali yeee... Gitu kata Kang Nyinyir dan Kang Julid. Tapi bukankah banyak dari hal-hal besar di dunia ini berawal dari sebuah mimpi? Pun begitu dengan sebuah produksi film. Mimpi aja dulu. Kalo udah punya cerita yang bagus, problem berikutnya adalah cari fulus. Emang gak ada rumusnya bikin film pasti untung. Tapi setidaknya kalo cerita kita bagus, investor dan produser bakal melirik. Sukur-sukur sampe merogoh kocek!

Sejarah membuktikan, ternyata beberapa ikon film horor justru berawal dari sebuah produksi film yang low budget. Michael Myers dari Halloween (1978) karya John Carpenter modalnya cuma 300 ribu dolar. Tapi bisa untung sampe 70 juta dolar. Akhirnya dibuat sampe 13 serial. Terakhir adalah Halloween Ends tahun 2022. Udah nonton kan?

Jason Voorhees dari Friday The 13th tayang pertama kali tahun 1980. Dengan budget sekitar 550 ribu dolar bisa menghasilkan hampir 60 juta dolar di seluruh dunia. Ternyata gak harus pake aktor ternama untuk bikin film laku!

Lalu ada Saw tahun 2004 garapan James Wan. Syutingnya cuma 18 hari. Modal 1 juta dolar bisa meraup untung lebih dari 100 juta dolar! Wajar kalo akhirnya dibuat serial. Film terbarunya yang tayang tahun 2023 ini adalah Saw X dengan kembalinya Tobin Bell sebagai karakter Jigsaw.

Industri kreatif seperti film seharusnya membuat para sineas dan kreator bisa mengakali sebuah produksi film murah sehingga terkesan tidak murahan. Karena low budget, Night of the Living Dead (1968) pake konsep hitam putih. Hasilnya? Skor 97% di Rotten Tomatoes dan George A. Romero dinobatkan sebagai Bapak Film Zombie Modern.

The Evil Dead (1981) sengaja minim CGI dan berhasil menyabet Best Low Budget Film. Film terbarunya, Evil Dead Rise, telah beredar bulan Mei kemarin dengan hasil yang cukup memuaskan. Setelah akhirnya sukses menggarap trilogi Spiderman, sekarang siapa yang gak kenal dengan Sam Raimi?

Keuntungan terbesar yang berawal dari film murah adalah The Blair Witch Project (1999) dan Paranormal Activity (2007). Silahkan cari sendiri info berapa modal dan keuntungannya. Pasti ngiler! Yang satu pake konsep found footage, satunya lagi modal kamera CCTV! Gokil gak tuh?

So, gak usah minder kalo mau bikin film murah. Pertama, punya mimpi. Kedua, jadilah kreatif! Goodluck!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline