Lihat ke Halaman Asli

Film Horor Adalah Pandemi Global

Diperbarui: 1 Oktober 2023   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://editorial.rottentomatoes.com

Film horor makin rame. Bioskop angkernya udah kayak kuburan! Hampir tiap minggu ada aja satu judul yang muncul gentayangan. Ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Ini adalah fenomena global! Sama kayak pandemi virus kemaren. Sejak awal 2000an wabah film horor menjangkiti banyak negara di dunia.

Jepang, Korea Selatan, dan Thailand menjadi pusat dari new horror di Asia. Jepang terkenal dengan film-filmnya seperti Ju-On: The Grudge, Dark Water, Suicide Club, Pulse, One Missed Call. Tapi pemicunya adalah trilogi Ringu yang tayang sejak tahun 1998 dan membuat hantu Sadako populer hingga Hollywood pun membuat remakenya.

Korea ada Wishing Stairs, The Red Shoes, Phone, Dead Friend. Tapi menurut saya yang the best adalah A Tale of Two Sisters. Lalu tahun 2016 muncul film box office The Wailing dan Train to Busan yang memecahkan rekor pertama 10 juta penonton! Membuat film Korea semakin diperhitungkan dunia.

Adapun Thailand diawali dengan Bangkok Haunted, The Victim, Alone, Coming Soon, Phobia. Paling menarik menurut saya adalah Shutter. Bahkan Hollywood mengadaptasi ulang dengan judul yang sama. Salah satu yang terbaik adalah The Medium (2021). Tapi saya lebih suka Home For Rent (2023). Buat yang belum nonton, buruan! 

Untuk kawasan Asia Tenggara bisa dibilang Indonesia adalah kiblatnya. Kesuksesan film Jelangkung diikuti dengan lahirnya Mirror, The Soul, Tusuk Jelangkung, Bangsal 13, Missing, Kuntilanak, Pocong 2, Keramat, Rumah Dara dan beberapa film karya Joko Anwar. Horor Indonesia makin bersinar sejak Pengabdi Setan borong piala Citra terbanyak tahun 2017 dan menjadi film horor terlaris selama 5 tahun! Oh ya, jangan lupa dengan universe Danur! 

Dari Indonesia lalu melebar ke Malaysia, Turki, Mesir dan beberapa negara lainnya. Film Malaysia yang paling populer adalah Munafik (2016) dan sekuelnya (2018). Adapun Turki mulai serius dengan proyek film horornya sejak kemunculan universe Dabbe (2013) dan universe Siccin (2014). 

Kayaknya fenomena film horor belum akan segera berakhir. Malah cenderung meningkat. Sejak era 2010an Hollywood rame dengan istilah elevated horror atau horor yang berkelas. Pemicunya adalah The Witch (2015), Get Out (2017) dan Hereditary (2018). Next time kita bahas yak! 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline