Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

guru penulis

Ketukan Tengah Malam

Diperbarui: 25 April 2023   20:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Vila di Gunung Bromo (foto : Travel Kompas.com)

Hawa dingin gunung Bromo malam itu begitu menggigit, perjalanan kami sekeluarga terhalang oleh dinginnya cuaca pada saat kemarau panjang. Di depan perapian penginapan kami belima menghabiskan malam itu untuk menikmati makan malam dengan menu utama sate kelinci yang terkenal enaknya. Kamar kami ada paling ujung berbatasan dengan hutan pinus yang ada di belakang penginapan, makin malam suasananya makin sepi dingin dan gelap.

Andi putraku yang paling kecil sejak tadi menguap dan ingi segera masuk kamar, sementara Bunga dan kakaknya Melati juga sudah bersiap untuk masuk kamar untuk tidur agar besuk pagi bisa melanjutkan perjalanan menunju puncak Bromo untuk menyaksikan matahari terbit di puncak gunung yang berada di atas Kadera Gunung Tengger tersebut

Nina istriku juga sudah masuk duluan ke kamar karena mengantuk, sebelum masuk kamar dia sempat bilang, " Jangan lama-lama di luar mas, aku kedinginan sendirian di kamar, segera masuk ya".

Akupun mulai menutup jendela penginapan tak lupa menutup tirai jendela yang terbuat dari kain dengan warna senada dengan cat tembok ruang tamu dengan warna kuning gading.

Seusai menutup pintu penginapan, aku bersiap menuju ke kamar sambil mematikan saluran televisi yang sejak sore menemani kami sekeluarga di ruang tamu, lampu penerangan di ruang tamu juga aku matikan.

Tiba-tiba ada suara ketukan pintu, dengan perlahan saya buka pintu ternyata di luar ada orang berkemul sarung dan menutup wajahnya dengan masker, setelah beberapa saat kemudian orang yang di luar pintu tadi berkata , "Besuk dijemput jam berapa untuk perjalanan menuju puncak Bromo? ". 

Ternyata dia adalah Budiman guide perjalanan yang disediakan oleh penginapan untuk membantu dan mendampingi perjalanan kami.

" Jam 5 pagi, setelah salat subuh", jawabku singkat. "Terima kasih, selamat malam, selamat beristirahat semoga besuk pagi sudah siap ketika saya datang". Sahut Budiman

"Terima kasih mas, selamat malam", kataku sambil menutup pintu

Cerita malam, 25 April 2023

Ahmad Syaihu untuk Kompasiana




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline