Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

guru penulis

Tradisi Maleman di Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya

Diperbarui: 18 April 2023   18:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Masjid Agung Sunan Ampel yang berada di kawasan Ampel Surabaya merupakan Masjid yang tak pernah sepi untuk diziarahi makam Sunan Ampel dan beribadah di Masjid Agung peninggalan Sunan Ampel.

Sunan Ampel adalah salah seorang wali dan diangkat sebagai Ketua  Walisongo yang menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa. 

Ia lahir pada 1401 di Campa. Menurut Encyclopedia Van Nederlandesh Indie diketahui bahwa Campa adalah satu kerajaan kuno yang terletak di Vietnam hingga Laos sekarang.Sunan Ampel meninggal pada tahun 1481 dalam usia 80 tahun.

Nama asli Sunan Ampel adalah Raden Ahmad Rahmatullah Pasangan: Nyai Ageng Manila memiliki anak yang juga bergelar Sunan, yaitu  Sunan Bonang yang menyebarkan agama Islam di Tuban, dan Sunan Drajat yang menyebarkan agama Islam di Drajat-Paciran -Lamongan sampai Sidayu Gresik.

Sunan Ampel sendiri menyebarkan agama Islam di kawasan Ampel Surabaya, mendirikan pesantren dan Masjid Sunan Ampel yang tetap ada sampai sekarang.

Selama Ramadan selain Shalat tarawih yang berjumlah 20 rekaat ditambah 3 rekaat sholat witir.

Setiap malam dibaca Al Qur'an satu jus setelah bacaan surat Al Fatihah, sehingga 30 hari tarawih khatam Al-Qur'an.

Kegiatan tersebut dinamakan tradisi "maleman". Dalam tradisi itu, para pengunjung membaca tahlil, tadarus, solat sunah, dan iktikaf semalam suntuk, untuk mendapatkan Lailatul Qadar yang kebaikannya lebih mulia dari 1000 bulan 

Tradisi ini banyak diikuti oleh para pengunjung, terutama di tanggal ganjil sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Kawasan Masjid Agung Sunan Ampel juga menjadi pusat oleh-oleh yang bisa dibeli oleh pengunjung dan jamaah Masjid Agung Sunan Ampel, mulai dari Busana muslim, sarung, jubah, kopyah, tasbeh dan minyak wangi juga berbagai macam kuliner seperti kurma, buah-buahan, roti mariyam, nasi kebuli dan lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline