Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

guru penulis

Menurut Imam al-Ghazali Lailatul Qadar Akan Turun Nanti Malam

Diperbarui: 15 April 2023   11:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Lailatul Qadar (foto: tribungayo.com)

Tak terasa kita  telah memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadan, tepatnya hari ke-24 puasa Ramadan, nanti malam adalah malam ke-25, yang merupakan malam yang diprediksi akan turunnya Lailatul Qadar, itu menurut prediksi Imam al-Ghazali. Semoga kita bisa dipertemukan dengan Lailatul Qadar.

Sebab kalau kita bisa bertemu dengan Lailatul Qadar maka kita akan mendapatkan malam yang  istimewa bagi para umat muslim, pasalnya malam tersebut lebih mulia dari 1.000 bulan, atau 84 tahun.

Apa saja ciri-ciri  Lailatul Qadar? Diambil dari beberapa sumber yang relevan salah satu ciri malam Lailatul Qadar adalah datangnya pada 10 hari terakhir dalam tanggal ganjil di bulan Ramadan.

Pada 10 hari terakhir bulan Ramadan, kita berpacu dan  berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadahnya untuk mendapatkan pahala Lailatul Qadar. 

Meski demikian umat muslim tidak ada yang mengetahui kapan datangnya Lailatul Qadar ini, karena memang ini menjadi rahasia Illahi, agar semua orang berlomba dan menganggap setiap malam adalah malam Lailatul Qadar.

Namun ada sederet ciri-ciri Lailatul Qadar yang dapat diketahui. Simak ulasannya berikut ini.

1. Udara Terasa Sejuk dan Tenang

Ciri-ciri datangnya malam Lailatul Qadar yang pertama adalah adanya udara dan angin yang tenang. Ciri-ciri ini tercantum dalam sebuah hadist riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

"Malam Lailatul qadar adalah malam yang sejuk tidak panas dan tidak dingin, di pagi harinya cahaya mentarinya lembut dan berwarna merah".

Apa pada malam ke-21 dan ke-23 kemarin kita dapati ciri seperti ini?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline