Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

guru penulis

Berbuka dengan yang Manis, Karena Puasa Ramadan Berbuah Pahala yang Manis

Diperbarui: 14 April 2023   10:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kurma dan air putih , adalah makanan yang sering digunakan oleh Rasulullah SAW untuk berbuka puasa (foto :Getty Images/iStockphoto/hayatikayhan

Alhamdulillah kita sudah memasuki hari ke-23 ibadah puasa Ramadan tahun ini, berarti sepekan lagi kita bisa merayakan lebaran Idul Fitri dengan membawa kebaikan dan pahala sebulan kita melakukan puasa dan ibadah lainnya di bulan yang penuh berkah, nikmat dan maghfirah ini.

Saat berbuka puasa, dan makan sahur tentu kita sudah mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang beraneka ragam, mulai yang ringan, sedang dan berat sesuai dengan selera dan kemampuan kita untuk menyiapkannya.

Bagaimana tuntunan Islam saat kita berbuka puasa? apa yang dilakukan oleh junjungan kita Nabi Muhammad SAW, saat berbuka puasa? 

Simak hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik, "Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa kurma basah sebelum mendirikan sholat. Apabila tidak ada maka dengan kurma kering. Apabila tidak ada maka beliau meminum air." (HR Dawud).

Kurma adalah buah istimewa yang berasal dari surga sebagaimana hadits nabi

Selanjutnya keistimewaan buah kurma disebutkan dalam Al Quran surat An Nahld ayat 67:



Artinya: Dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.

- Kurma Ajwa berasal dari surga


Selanjutnya, keutamaan buah kurma yakni disebut buah yang berasal dari surga. Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW

"Kurma ajwa itu berasal dari surga, ia adalah obat dari racun." (HR. Ibnu Majah)

Mengapa harus bernuka dengan yang manis-manis? Tinjauan dari sisi Kesehatan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline