Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

guru penulis

Berkah Ramadan Jalan Raya Ditumbuhi Pohon Pisang

Diperbarui: 10 April 2023   06:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pohon pisang bertumbuh di jalan raya Menganti-Gresik ( foto dokpri)

Sudah satu bulan terakhir kondisi jalan raya Menganti -Surabaya di dusun Grogol desa Laban Kecamatan Menganti-Gresik, persis di depan rumah penulis mengalami kerusakan parah.

Penyebab kerusakan jalan Raya Menganti Surabaya

 1. Mampetnya saluran air, sehingga pada musim hujan air dari saluran air meluber ke jalan raya, jalannya tergenang air dan menyebabkan terjadinya lubang -lubang di jalan raya semakin hari semakin banyak dan lebar.

2. Ada sebuah pabrik kayu yang ada di pemukiman warga yang sering menaikkan dan menurunkan kayu menggunakan mobil trailer yang di samping mengganggu arus lalu lintas juga memperparah kerusakan jalan, jalan raya jadi ambles dan pada saat hujan menjadi genangan air yang sering menyebabkan kecelakaan bagi pengguna motor.

3. Tidak ada perhatian dan perbaikan dari Dinas PU Kabupaten Gresik, ada kalanya memperbaiki hanya menambal yang lubang-lubang saja dengan tambalan yang tipis sehingga begitu hujan turun kerusakan kembali seperti semula.

img20230410050015-64333c084addee70637119d2.jpg

Pengguna jalan harus menggunakan satu sisi jalan untuk perjalanan (foto dokpri)

Protes Tidak Ditanggapi Warga Bertindak

Akibat rusak dalam kondisi parah dan warga berkali kali protes kepada pemilik pabrik kayu dan Dinas PU Kabupaten tidak ada tanggapan tadi malam, di bawah koordinasi Ketua Rukun Warga (Ketua RW) rupanya warga sudah kesal karena banyak korban kecelakaan akibat jalan yang berlubang maka warga sepakat menanami jalan raya yang berlubang dengan pohon pisang.

img20230410053625-6433452c4addee36083583e2.jpg

Pengendara menggunakan satu lajur untuk menghindari jalan raya yang sudah ditumbuhi pohon pisang (foto dokpri)

Ada 5 pohon pisang berukuran besar yang ditanam di lubang jalan raya yang rusak, agar pengguna jalan bisa menghindari jalan berlubang dan terhindar dari kecelakaan dan biar pihak yang bertanggung jawab atas kerusakan jalan ini menjadi tergerak hatinya untuk segera memperbaiki kerusakan jalan raya yang makin parah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline