Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

guru penulis

Apakah Piala Dunia U-20 Tetap di Indonesia?

Diperbarui: 29 Maret 2023   01:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presiden Jokowi memberikan keterangan tentang Piala Dunia U-20 Indonesia (foto: dok.Setpres)

Gonjang-ganjing pembatalan Drawing Piala Dunia U-20 yang akan berujung pada pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencana dilaksanakan 20 Mei- 11 Juni 2023.

Pembatalan Drawing bermula Surat Gubernur Bali I Wayan Koster kepada Kemenpora yang menolak kehadiran Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia.

Presiden Joko Widodo, akhirnya turun gunung untuk menetralisir suasana panas di masyarakat dan  Jokowi membuat pernyataan tegas terkait Piala Dunia U-20.

Jokowi lalu menjawab terkait sikap Indonesia terkait keikutsertaan Israel di ajang Piala Dunia U-20. Dia menegaskan Indonesia tetap mendukung kemerdekaan Palestina, tapi tidak akan mencampuradukkan urusan olahraga dengan politik.

"Jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik," ucapnya.

Sebagai bentuk kesungguhan Indonesia agar tetap menjadi tuan rumah, Pemerintah mengutus Ketua Umum PSSI untuk melobi FIFA dengan membawa pesan khusus dari Presiden Jokowi kepada Presiden FIFA.

"Saya telah mengutus Ketua Umum PSSI Bapak Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA untuk mencari penyelesaian yang terbaik, mencari solusi yang terbaik," ujar Jokowi mengakhiri keterangannya.

Tentu kita berharap lobby Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI sekaligus ketua lokal Piala Dunia U-20, membawa hasil terbaik untuk kebaikan sepakbola dan masyarakat Indonesia.

Salam olahraga, 28-03-2023

Ahmad Syaihu untuk Kompasiana 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline