Lihat ke Halaman Asli

Pancasila sebagai Pandangan Hidup

Diperbarui: 30 November 2023   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nilai-nilai pancasila melekat dalam kehidupan masyarakat dan dijadikan norma dalam bersikap dan bertindak. Mengandung unsur-unsur nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. 

Sila pertama : mengartikan bahwa sebagai warga negara indonesia mempercayai dan bertaqwa pada tuhan, memberikan hak kebebasan bagi setiap orang dalam memilih agamanya masing-masing

Sila kedua : mengartikan bahwa manusia harus mengakui persamaa drajad, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusi. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan tidak semena-mena terhadap orang lain.

Sila ketiga : sila ini memiliki arti nilai persatuan dan kesatuan. Artinya mengharuskan setiap orang menghormati keaneragaman yang ada di indonesia, tingkatkan toleransi sosial pada keberagaman didalam masyarakat.

Sila keempat : sila ini mengartikan senantiasa mengutamakan kepentingan rakyat. dan untuk membuat keputusan harus dengan bermusyawarah untuk mufakat atau keputusan bersama, tidak memaksa pendapat sendiri pada orang lain, dan dapat menerima pendapat orang lain. 

Sila kelima : dan sila kelima dapat di artikan kita harus bersikap adil, menghormati hak-hak orang lain, menjaga hak dan kewajiban, bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline