Lihat ke Halaman Asli

ahmad rivai

pengajar di sman 1 pagar dewa

Studi Kasus Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika

Diperbarui: 5 Desember 2023   08:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

STUDI KASUS

 

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN  TPACK  DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

 

Diskripsi Studi Kasus

 

Bersumber dari kegiatan pembelajaran yang saya laksanakan di dalam kelas, terlihat beberapa masalah yang saya amati, antara lain siswa terlihat tidak bersemangat dalam belajar, peserta didik tidak ada yang bertanya walau sudah diberikan kesempatan  bertanya, saat diberi tugas peserta didik memiliki jawaban yang sama terlihat kalau peserta didik tidak serius mengerjakan tugas hanya mengandalkan tenman yang rajin saja.

Berdasarkan pengamatan saya selama mengajar materi statistika, siswa cenderung menunggu arahan saya, duduk diam mendengarkan, dan ada beberapa siswa yang membuka gawai mereka padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan selama proses belajar, ketika diberi pertanyaan pemantik peserta didik hanya diam atau menjawab sekedarnya saja.

Sebagai guru saya mencoba untuk merubah cara belajar atau menyampaikan materi yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.  Materi yang akan saya sampaikan adalah statistika dengan pokok bahasan penyajian data.  Materi ini sangat penting karena terkait dalam kehidupan sehari-hari.  Saya berharap dengan model pembelajaran baru, bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.

Analisis Situasi

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline