Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Rusdiana

Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

Solusi Pembelajaran Adaftif di Era 5.0: Melalaui Pemantauan Perkembangan Siswa secara Real-Time Berkelanjutan

Diperbarui: 22 Januari 2025   00:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Belajar bareng Seru, tersedia di https://belajarbarengseru.org/pembelajaran-adaptif-yang-responsif-menyesuaikan-proses-belajar-dengan-kebutuhan-siswa-untuk-meningkatkan-hasil-pembelajaran

Solusi Pembelajaran Adaftif di Era 5.0: Melalui Pemantauan Perkembangan Siswa secara Real-Time Bekkelanjutan

Oleh: A. Rusdiana

Di era 5.0, teknologi semakin menjadi bagian integral dalam pengelolaan pembelajaran. Salah satu inovasi penting adalah pemantauan perkembangan siswa secara langsung, yang memberikan data terkini tentang performa siswa. Dengan teori pengambilan keputusan berbasis data, pemantauan ini menjembatani kesenjangan (GAP) antara proses pembelajaran tradisional yang lambat dan kebutuhan akan respons cepat terhadap dinamika belajar siswa. Tulisan ini penting untuk memperkuat peran guru muda dan pemangku kepentingan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan menuju Indonesia Emas 2045. Berikut lima strategi Pemantauan Perkembangan Siswa secara Langsung dan Berkelanjutan: 

Pertama: Pengumpulan Data secara Berkesinambungan; Teknologi real-time memungkinkan pengumpulan data perkembangan siswa secara terus-menerus, mulai dari kehadiran hingga hasil tugas harian. Data ini membantu guru memahami pola belajar siswa dan mengidentifikasi potensi masalah sejak dini.

Kedua: Identifikasi Cepat terhadap Tantangan Siswa; Dengan data yang selalu diperbarui, guru dapat mendeteksi penurunan performa siswa dengan segera. Sebagai contoh, nilai yang menurun dapat menjadi indikator perlunya pendampingan lebih intensif, memungkinkan intervensi dini sebelum masalah semakin besar.

Ketiga: Penyesuaian Strategi Pembelajaran secara Langsung; Informasi real-time mendukung fleksibilitas pembelajaran. Guru dapat mengubah metode, materi, atau pendekatan berdasarkan data terbaru tentang kebutuhan siswa, meningkatkan efektivitas proses belajar.

Keempat: Peningkatan Keterlibatan Orang Tua dan Pemangku Kepentingan; Data real-time juga bisa diakses oleh orang tua dan kepala sekolah, memperkuat kolaborasi. Orang tua dapat lebih memahami perkembangan anak, sedangkan kepala sekolah dapat memastikan guru menerapkan strategi yang efektif.

Kelima: Pengembangan Kompetensi Guru Muda; Guru muda dapat memanfaatkan data ini untuk mengasah kemampuan analitis dan pengambilan keputusan. Pemanfaatan teknologi mendorong mereka menjadi agen perubahan di era digital.

Pemantauan secara langsung berkesinambungan adalah solusi untuk pembelajaran adaptif, memungkinkan penyesuaian cepat dalam strategi pengajaran. Pemangku kepentingan pendidikan, termasuk kepala sekolah dan guru muda, disarankan untuk: 1) Meningkatkan literasi digital dalam pengelolaan pembelajaran; 2) Mengintegrasikan teknologi berbasis data ke dalam kurikulum sekolah; 3) Menyediakan pelatihan intensif untuk guru terkait penggunaan sistem pemantauan lansung berkelanjutan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline