Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Rusdiana

Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

Inklusivitas Digital, Meningkatkan Akses Pendidikan Generasi Z

Diperbarui: 28 November 2024   09:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dok. Instruksi Pembelajaran  LMS e-Knows, Mata Kuliah SIT. Kamis, 28 Nopember 2024.

Inklusivitas Digital: Meningkatkan Akses Pendidikan untuk Generasi Z

Oleh: A. Rusdiana

Pendidikan inklusif menjadi tantangan dan peluang besar di era transformasi digital. Generasi Z yang dikenal sebagai generasi digital-native hidup dalam dunia yang terhubung oleh teknologi. Namun, meski perkembangan teknologi memberikan akses yang luas, kesenjangan pendidikan tetap nyata, khususnya di daerah terpencil dan bagi mereka dengan kebutuhan khusus. Dalam konteks ini, platform Learning Management System (LMS) seperti e-Knows menjadi alat penting dalam mendukung pembelajaran yang lebih inklusif. LMS membantu mahasiswa untuk tetap terhubung, baik secara daring maupun luring, dengan berbagai fitur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan beragam pengguna. Namun, tantangannya adalah memastikan teknologi ini digunakan secara optimal untuk mengurangi kesenjangan pendidikan yang ada. Pentingnya tulisan ini adalah untuk menggambarkan langkah-langkah strategis meningkatkan inklusivitas pendidikan dengan memanfaatkan teknologi digital, termasuk pembelajaran daring, aksesibilitas, dan ketersediaan sumber belajar murah. Langkah ini tidak hanya relevan untuk membangun talenta muda tetapi juga menjadi kunci dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Berikut ini adalah eksplorasi lebih lanjut mengenai Membekali Gen Z dengan Keterampilan Abad ke-21 untuk Era 5.0: 

Pertama: Pembelajaran Daring untuk Akses ke Daerah Terpencil; Platform digital seperti LMS e-Knows memberikan peluang bagi siswa di daerah terpencil untuk mengakses pendidikan. Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan tanpa harus hadir secara fisik, dengan fitur seperti modul digital, forum diskusi, dan pengumpulan tugas daring. Misalnya, pada tugas mahasiswa seperti yang ditampilkan dalam e-Knows, mahasiswa dari berbagai wilayah dapat berpartisipasi aktif dalam perkuliahan tanpa kendala geografis. Untuk mendukung efektivitasnya: 1) Pemerintah perlu memperluas infrastruktur internet di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). 2) Dosen dan guru perlu dilatih dalam penggunaan teknologi pendidikan untuk memastikan pembelajaran daring berjalan optimal.

Kedua: Aksesibilitas bagi Mahasiswa dengan Kebutuhan Khusus; Teknologi harus dirancang untuk inklusivitas, termasuk bagi siswa dengan kebutuhan khusus. LMS seperti e-Knows dapat diintegrasikan dengan aplikasi seperti text-to-speech untuk tunanetra atau closed captions untuk tunarungu. Langkah yang dapat dilakukan: 1) Institusi pendidikan dapat berinvestasi pada perangkat tambahan seperti perangkat pembaca layar atau aplikasi pendukung belajar bagi penyandang disabilitas. 2) Konten pendidikan digital harus dirancang dengan prinsip universal design, yang memungkinkan semua siswa dapat mengakses materi dengan cara yang sesuai kebutuhan mereka.

Ketiga:  Sumber Belajar yang Murah dan Terjangkau; Dengan banyaknya platform digital yang menyediakan materi belajar gratis atau murah, pendidikan menjadi lebih terjangkau. LMS seperti e-Knows memungkinkan dosen untuk menyediakan materi berkualitas tanpa tambahan biaya cetak, sementara siswa dapat mengaksesnya kapan saja. Untuk meningkatkan efisiensi: 1) Pemerintah dan lembaga pendidikan perlu mendorong kolaborasi dengan penyedia platform pembelajaran seperti Coursera, Khan Academy, atau YouTube Edu untuk memperluas akses konten berkualitas; 2) Institusi pendidikan harus mengintegrasikan sumber belajar terbuka (OER) ke dalam kurikulum, yang memungkinkan pembelajaran berbasis teknologi lebih ekonomis.

Pada prinsipnya, Teknologi digital menawarkan solusi untuk menciptakan pendidikan yang lebih inklusif dan merata. Dengan memanfaatkan pembelajaran daring, aksesibilitas bagi kebutuhan khusus, dan sumber belajar murah, Generasi Z dapat memiliki akses yang lebih baik ke pendidikan berkualitas, terlepas dari lokasi atau kondisi ekonomi. Untuk hal itu, maka para  Pendidik diperlukan upaya-upaya Strategis, diantaranya: 1) Memanfaatkan LMS seperti e-Knows secara maksimal untuk mendukung pembelajaran daring dan inklusivitas; 2) Mendorong pelatihan teknologi bagi guru agar lebih siap menghadapi tantangan era digital; 3) Berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyediakan infrastruktur dan teknologi pendidikan yang lebih terjangkau dan mudah diakses; 3) Membangun komunitas pembelajaran daring yang inklusif dan suportif, yang memungkinkan semua siswa belajar bersama tanpa diskriminasi. Melalui langkah ini, pendidikan tidak hanya menjadi alat pengembangan talenta muda tetapi juga motor penggerak bangsa menuju Indonesia Emas 2045. Wallahu A'lam.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline