Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Rusdiana

Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

Pengembangan Kepemimpinan dalam Menyongsong Bonus Demografi 2030: Menyiapkan Kompetensi Talenta Muda Indonesia

Diperbarui: 14 Agustus 2024   21:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dok. Kiriman MTs-MA Matlaul Anwar-Pamentasan. Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim. 0624/Kabupaten Bandung. di Kp Gambung Ds. Mekar Sari Kec Pasirjambu. (28-29 Juni 2024)

Pengembangan Kepemimpinan dalam Menyongsong Bonus Demografi 2030: Menyiapkan Kompetensi Talenta Muda Indonesia

Oleh: A. Rusdiana

Indonesia akan menghadapi era bonus demografi pada tahun 2030, di mana jumlah penduduk usia produktif akan meningkat secara signifikan. Memasuki fase ini, penting untuk memastikan bahwa talenta muda tidak hanya siap menghadapi tantangan tetapi juga mampu memimpin dengan efektif. 

Kepemimpinan yang baik memerlukan pengembangan yang strategis, baik di luar maupun di dalam lingkungan pendidikan. Menurut teori kepemimpinan transformational, pemimpin yang efektif tidak hanya mengelola tetapi juga menginspirasi dan memotivasi anggotanya untuk mencapai tujuan bersama. 

Kepemimpinan jenis ini berfokus pada pengembangan individu dan pembentukan tim yang solid. Meskipun banyak program pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tersedia, ada kesenjangan dalam penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan yang dapat mempersiapkan talenta muda untuk tantangan konkret di dunia kerja, terutama dalam konteks bonus demografi yang akan datang. 

Tulisan ini bertujuan untuk membahas bagaimana pengembangan kepemimpinan dapat diterapkan secara operasional untuk mempersiapkan talenta muda Indonesia menghadapi bonus demografi 2030, dengan menekankan peran gotong royong dan kerjasama. Untuk lebih dalam memaknai Pengembangan Kepemimpinan, Mari kita breakdown satu persatu: 

Pertama: Integrasi Nilai Gotong Royong dalam Pendidikan Kepemimpinan: Pendidikan kepemimpinan di Indonesia harus mengintegrasikan nilai-nilai gotong royong dan kerjasama, seperti yang diterapkan dalam Pramuka. Hal ini melibatkan pelatihan yang tidak hanya menekankan keterampilan manajerial tetapi juga membangun kemampuan kolaboratif yang esensial dalam tim.

Kedua: Pelatihan Kepemimpinan Berbasis Proyek: Mengembangkan kepemimpinan melalui proyek nyata dapat memberikan pengalaman praktis bagi talenta muda. Program-program ini sebaiknya dirancang untuk memberikan tantangan yang relevan dengan dunia kerja, sehingga peserta dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka secara langsung. 

Ketiga: Mentoring dan Role Model: Mentoring oleh pemimpin berpengalaman dapat memberikan bimbingan yang berharga bagi talenta muda. Role model dalam dunia bisnis atau sosial yang berhasil dapat memberikan inspirasi dan wawasan tentang kepemimpinan yang efektif.

Keempat: Pengembangan Keterampilan Soft Skill: Kepemimpinan tidak hanya melibatkan keterampilan teknis tetapi juga soft skill seperti komunikasi, empati, dan resolusi konflik. Program pengembangan kepemimpinan harus mencakup pelatihan dalam keterampilan ini untuk memastikan pemimpin masa depan dapat berfungsi secara efektif dalam berbagai situasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline