Lihat ke Halaman Asli

Tradisi Nusantara

LEMBAGA KEMSYARAKATAN

KKN Tradisi Nusantara Turut Meriahkan Bulan Suci Muharram 1444 H dengan Khitanan Masal 100 Anak Gratis Bersama Baznas Kabupaten Kutai Kartanegara

Diperbarui: 2 Agustus 2022   14:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Tradisi Nusantara

Kuala samboja, 1 Agustus 2022—Kemeriahan bulan suci Muharram sangat dinanti-nantik bagi seluruh umat islam disegala penjuru dunia. Bulan Muharram bagi sebagian masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi akan agenda kegiatan – kegiatan yang mengundang banyak massa dari berbagai daerah mulai dari kalangan anak muda hingga orang – orang dewasa. Baik kegiatan amal, pawai, gunungan, pengajian akbar, dan lain sebagainya. Masyarakat daerahpun mulai dari kelurahan, kecamatan, desa, bahkan dusun mempumpunyai agenda rutinan sendiri dalm menyambut bulan suci Muharram ini.

Agenda kemeriahan bulan suci Muharram ini juga dirasakan bagi masyarakat Kuala Samboja, Kecamatan Samboja berkolaborasi dengan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Kutai Kartanegara dan KKN Tradisi Nusantara ikut mengambil peran dalam terlaksananya khitanan untuk 100 anak secara Gratis. Khitanan masal ini dilaksanakan di halaman Masjid Jami’ Nurul Huda Kuala Samboja. Kegiatan ini didukung oleh Bupati Kukar Bapak Edi Damansyah, Wakil Bupati Kukar H. Rendi Shilihin, Ayahanda Wakil Bupati Kukar H. Abu, dan Ibunda Wakil Bupati Kukar Hj. Kurdiah.

Acara khitanan masal ini juga di isi dengan bakti sosial  berupa paket sembako yang diberikan kepada warga jompo di kecamatan samboja. Hal tersebut merupakan proses terlaksananya program kerja dari BASNAZ Kabupaten Kutai Kartanegara. Sesuai dengan core values UIN Sunan  kalijaga Yogyakarta KKN Tradisi Nusantara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan pengabdian masyarakat berupa turut berpartisipasi dalam kegiatan khiatanan masal yang diadakan oleh pemerintah kecamatan samboja. Kerja sama yang dilakukan oleh KKN Tradisi Nusantara bersama dengan BASNAZ ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan antar Lembaga yang menauingi zakat dengan Lembaga Pendidikan islam perguruan tinggi. Diharapkan mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat belajar banyak mengenai implementasi syariah islam pada bidang zakat.

Adapun partisipasi KKN Tradisi Nusantara dalam kegiatan khitanan masal ini yaitu ikut mendistribusikan 100 paket bingkisan yang ditujukan kepada anak – anak peserta khitanan masal. Ketua KKN Tradisi Nusantara mengatakan bahwa, kegiatan ini memang sangat besar dan meriah, maka perlu konseptor dan eksekutor dari berbagai pihak yang memang ingin turut andil dalam memeriahkan bulan suci Muharram 1444 H. Seperti yang telah disampaikan Wakil Bupati Kukar bapak H. Abu yakni mari turut meriahkan bulan suci Muharram ini dengan semangat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Penulis : Tradisi Nusantara

Editor : Pretty dan Rizki




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline