Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Sanukri

Berminat untuk pembangunan seni dan budaya

Angsa Soang, Peliharaan Penjaga Rumah

Diperbarui: 8 April 2021   15:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Angsa soang dapat menjadi penjaga rumah (Photo by Michael S. Gordon / The Republican)

Bicara soal hewan piaraan, banyak sekali dari mulai jenis kaki empat, kaki dua sampai yang tidak berkaki, namun ada hewan peliharaan jenis unggas yang cocok untuk terus di pelihara sebagai penjaga rumah seperti satpam.

Kata teman saya,  hewan jenis unggas yang paling cocok sebagai penjaga keamanan rumah yaitu angsa soang. Soang dianggap sebagai hewan peliharaan penjaga rumah ini sudah di percaya sejak ratusan tahun lalu oleh masyarakat Indonesia yang agraris

Karena hewan ini  sangat fanatik teritorial, siapapun yang memasuki wilayah kekuasaannya  akan membuat mereka marah dan bersuara dan bahkan menyerang. Hewan ini juga suka mondar-mandir mengelilingi rumah sang pemilik bahkan di saat malam hari.

Selain itu angsa soang layak untuk terus di pelihara sebagai penjaga keamanan rumah terutama dari pencuri, karena bunyi suaranya yang keras woang....woang. Suara woang.... woang ini seperti ingin mengatakan ana wong artinya ada orang (dalam bahasa jawa serang) mengisyaratkan ada orang atau pencuri. Dan tentu kita jadi tahu ada pencuri dari suara angsa kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline