Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Saukani Azra

Marbot Musholah

Jangan Kaitkan Politik dengan Sepak Bola

Diperbarui: 31 Maret 2023   04:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik


Saya termasuk anti penjajahan Israel atas Negara Palestina tapi tidak serta merta menghakimi negara itu gara gara ikut menjadi peserta piala U-20 Dunia, Indonesia menolak menjadi tuan rumah piala bergengsi itu.

Kesempatan emas untuk Indonesia menjadi tuan rumah sudah didepan mata, tapi hanya gara gara prinsip sikap Indonesia terhadap Israel, Indonesia membatalkan jadi tuan rumah. Apa kata dunia?

Belum lagi nanti sangsi dari FIFA akibat pembatalan ini, Sepak bola kita sudah agak terpuruk ditambah dengan pembatalan yang terkesan "Ngambek" gara gara Israel hadir di Piala U-20  ini yang saya sesalkan.

Bisa tidak sih, Politik tidak dikaitkan dengan Olahraga? Kan bisa saja kita ber politik dengan cantik, dengan elegan? Ingat lho, ini event dunia, Sikap tegas Indonesia terhadap Israel iya, tapi ini olah raga bos,  ini tentang sepak bola, gak ada pengaruhnya dengan politik.

Ibarat musuh kita datang main kerumah kita mau numpang main bola dipelataran rumah kita, biarin aja dia main bola disitu, masa kita usir? selama dia gak masuk masuk rumah kita is oke gitu lho.

Saya gak kebayang nasib sepak bola Indonesia nanti akibat keputusan yang "Kebablasan" ini. Semoga apa yang saya khawatirkan terhadap nasib persepak bolaan Indonesia tidak akan terjadi. Semoga...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline