Lihat ke Halaman Asli

Ahmad sani

Inisiator!

Sampah Adalah Musuh

Diperbarui: 15 Agustus 2024   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sampah memang menjadi musuh lingkungan yang serius. Dampaknya melibatkan kesehatan manusia dan kerusakan lingkungan. Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai hal ini:

Dampak Kesehatan:
Penyakit: Sampah dapat menyebabkan berbagai penyakit. Misalnya, Cholera yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae. Penyakit ini menyebar melalui air dan makanan yang terkontaminasi. Diare juga sering terjadi akibat lingkungan kotor yang dipengaruhi oleh kebiasaan membuang sampah sembarangan.
Bakteri dan Virus: Lingkungan kotor yang dihasilkan dari pembuangan sampah sembarangan dapat menyebabkan penyebaran bakteri dan virus yang membahayakan kesehatan.
Dampak Lingkungan:
Pencemaran: Sampah mencemari lingkungan, termasuk air dan tanah. Bahan beracun dalam sampah merusak kehidupan makhluk hidup.
Banjir: Sampah yang menghalangi saluran air dapat menyebabkan banjir. Tempat-tempat yang semestinya berfungsi sebagai drainase terhambat oleh sampah, meningkatkan risiko banjir.
Peringkat Negara: Indonesia adalah negara penghasil sampah terbesar ke-5 di dunia pada tahun 2020.

Banyak dari kita mungkin tidak menyadari betapa besar dampak yang ditimbulkan oleh sampah terhadap kesehatan manusia dan kerusakan lingkungan

Demikian, mari kita bersama-sama mengambil tindakan secara individu mau pun kelompok untuk mengurangi dampak sampah. Dengan membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, dan mendukung program daur ulang, kita dapat menjaga lingkungan dan kesehatan kita. Terima kasih telah membaca!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline