Lihat ke Halaman Asli

Presentasi Ujian Magang dengan Judul "Peningkatan Fundrising Melalui Konten Instagram dan Youtube Lazismu UMG"

Diperbarui: 23 Oktober 2023   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1.1 Dok Logo Kantor Layanan Lazismu Universitas Muhammdiyah Gresik.

Assalamualaikum wr, wb

Perkenalkan nama saya Ahmad Ferdiansyah Ramadhan bisa dipanggil Rama, Nim 200304008 Prodi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan bisnis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

Gambar 1.2 sebar kaleng donasi lazismu umg ke beberapa kelas/Dokpri.

Di sini saya akan menceritakan pengalaman saya selama menjalani kegiatan magang, untuk tempat magang yang saya jalani bertempat di kantor layanan lazismu UMG, berlokasi di Universitas Muhammadiyah Gresik Jl. Sumatera No.101, Gn. Malang, Randuagung, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61121. Kantor Layanan Lazismu Universitas Muhammadiyah Gresik ini merupakan lembaga amil, zakat, infaq sedekah muhammadiyah Yang bergerak dibidang kemanusiaan, kesehatan, ekonomi, dakwah, dan lingkungan.  Pada kegiatan magang di lazismu UMG ini saya tidak sendiri tapi bersama dua teman kelas saya, kegiatan magang ini saya jalani selama satu bulan mulai 10 juli hingga 4 agustus 2023.

Di sini ada beberapa para anggota/relawan terstruktur yang telah saya kenali.

STRUKTUR ORGANISASI

Penasehat:

Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik

Badan Pelaksana:

  • Manajer : Dr. Abdul Kholid, M.Pd.I
    • Bagian Administrasi : Fitri Ayu Fatmawati, S.Pd, M.Pd
      • Bagian Keuangan : Dr. RahmatAgusSantoso, S.E., M.M.
      • Bagian Fundraising : Suwandi, S.E., M.A., Ima Rianti Fitria, S.AP dan Eka Putri Y., S.E.
      • Bagian Pendistribusian : Abdurrahman Faris Indriya Himawan, S.E., M.S.M., CPHRM., Rusdiana dan Riska Widiyanita Batubara, S.Hum., M.Pd.
      • Bagian Program / Pendayagunaan : Aries Kurniawan, S.E., M.Hum., Afakhrul Masub Bakhtiar, S.Pd., M.Pd. dan Indyra Mahdiana, S.Pd.

Volunteer/Relawan :

  • Alfina Indah Wahyuni (Administrasi Kasir Front Office)
    • Siti Khotijah (Program Fundraising)
      • M. Chanif Muslich (Editor Videograpy)
      • Dimas Suhadi Putra (Editor Fotograpy)
      • Septi Nurul Wakhidah (Konten Marketer)

Awalnya saya tidak begitu mengerti apa hubungan Lazismu dengan Prodi kami yakni Kewirausahaan, tetapi setelah saya berkonsultasi ke kakak tingkat saya yang pernah magang di lazismu UMG itu ternyata Lazismu dan Prodi kewirausahaan masih saling terhubung karena hal ini berdasarkan dengan Komunikasi Pemasaran, Apa itu komunikasi pemasaran ? Komunikasi pemasaran adalah bentuk komunikasi untuk memperkuat strategi pemasaran untuk mencapai suatu target pasar yang lebih luas. Dengan menerapkan strategi ini, perusahaan akan mudah cepat mempromosikan apa yang mereka tawarkan untuk mencapai tujuan finansial. Seperti halnya kami membantu para relawan lazismu untuk mencari target para donatur dengan cara membuat beberapa konten ajakan berdonasi.

AKTIVITAS MAGANG

Untuk mengawali kegiatan magang ini di sini saya dan rekan rekan saya membantu staf Lazismu UMG dalam upayanya mendorong mahasiswa untuk bersedekah melalui pembagian kaleng amal di seluruh kantor dan kantin UMG. setelah beberapa hari kemudian saya dan rekan saya ditugaskan membuat beberapa konten ajakan bersedekah di media sosial seperti Instagram dan Youtube.

Berikut ini merupakan uraian aktivitas kegiatan lainnya yang dilakukan selama pelaksanaan kegiatan magang selain tugas-tugas rutin yang harus dilakukan pada bagian Konten Marketer :

Deskripsi kegiatan magang yang dilakukan pada bagian konten marketer adalah sebagai berikut :

1. Membuat Konten Instagram

                   Tanggal 10 Juli hingga 20 Juli penulis membantu staff Lazismu UMG untuk membuat konten video ajakan berdonasi di intagram milik Lazsimu UMG. Pembuatan konten ini dibantu dengan staff Lazismu dengan ide konten dari penulis yakni membuat konten berupa ajakan donasi yang nantinya dapat menambah kontribusi masyarakat dalam meningkatkan kontribusi sedekah malalui program di Lazismu Universitas Muhammadiyah Gresik. Aktivitas kegiatan yang dilakukan yakni penulis membuat sknenario video yang berupa ide konten 1 menit di Instagram, lalu penulis melakukan take video yang selanjutnya penulis melakukan editing terhadap video yang sudah jadi dan hasi video akan diupload di Instagram milik Lazismu UMG.

2. Penugasan Pembuatan Konten Ksatria Lansia Ke dalam YouTube.

                   Pada tanggal 21 Juli – 4 Agustus 2023 penulis telah ditugaskan langsung oleh pembimbing lapangan Dr. Abdul Kholid, M.Pd.I untuk membuat konten berupa Program Ksatria Lansia dan nantinya konten ini akan di upload pada channel YouTube Lazismu UMG sendiri. lansia sendiri adalah suatu wadah pelayanan kepada warga usia lanjut di masyarakat dimana proses pembentukan dan pelaksanaannya dilakukan oleh masyarakat bersama. Dalam pembuatan konten program lansia inilah penulis akan mengunjungi salah satu warga bernama ibu rumani yang merupakan seorang janda tua tingal seorang diri dirumah, disana penulis akan diutus membawakan sesuatu berupa sembako untuk diberikan kepada ibu rumani sekaligus melakukan pengambilan gambar / video yang nanti isinya berupa gambaran suasana hari hari, wawancara dan diakhiri dengan sebuah ajakan berdonasi kepada semua masyarakat agar mereka bisa menyisihkan sedikit / sebagian hartanya untuk disumbangkan kepada ibu rumani.

3. Membantu Staff Lazismu UMG dalam bersedekah

                   Tanggal 10 Agustus – 4 Agustus selain membuat konten penulis membantu staff Lazismu UMG untuk mengajak mahasiswa untuk berdonasi dengan cara menebar kaleng filantropi ke seluruh kantor dan kantin yang ada di UMG. Penulis juga melakukan ajakan berdonasi melalui pembuatan konten untuk ajakan berdonasi guna meningkatkan kontribusi sedekah.

gambar 1.3 saya dan dua rekan saya sedang melaksanakan program kerja jumat berkah sekaligus pembuatan konten ajakan/Dokpri

IDENTIFIKASI MASALAH

Dalam satu bulan melaksanakan magang, saya telah menemukan beberapa masalah yang terjadi di lazismu UMG ini yakni 

1. kurangnya program kerja.

Dengan kurangnya program kerja ini maka performa Lazismu UMG ini akan semakin menurun sehingga mahasiswa UMG dan masyarakat luar akan semakin tidak mengenal Lazismu UMG, hal ini dikarenakan para relawan yang kurang bergerak untuk menangani.

2. Kurangnya jumlah donatur.

Kurangnya jumlah donatur dikarenakan aktivitas para relawan yang sedikit dan kurang bisa menangani. bahkan konten media sosial Instagram dan Youtube lazismu masih terbilang kurang ramai, sehingga donasi yang masuk entah dari saluran offline maupun online sama sama kurang dan tidak sesuai target.

3. Kurangnya SDM.

kurangnya SDM ( Sumber Daya Manusia ) akan berdampak buruk bagi Lazismu UMG yakni beberapa program kerja yang tidak terlaksana sehingga performa buruk akan terus berlanjut kedepannya.

4. Kurangnya Sosialisasi dan Open Recruitment relawan lazismu secara terbuka.

Dari poin ketiga telah membuktikan dengan kurangnya intensitas Lazismu UMG dalam melakukan sosialisasi dan open recruitment anggota relawan secara terbuka akan berdampak kurangnya SDM ( Sumber Daya Manusia ). dengan adanya masalah ini maka para mahasiswa mahasiswi UMG tidak ada yang begitu tertarik untuk menjadi relawan Lazismu bahkan ada juga yang tidak mengenali Lazismu sama sekali.

Dari semua poin yang saya sebutkan itu masalah dan dampak buruknya kurang lebih hampir sama.

PEMECAHAN MASALAH

1. Memperbanyak Ide Konten.

solusi yang dapat dilaksanakan untuk menyelesaikan permasalahan yaitu dengan cara memperbanyak ide konten media sosial Lazismu dengan membuat konten di instagram dan Youtube Lazismu UMG sendiri yang nantinya hasil dari pembuatan konten tersebut bisa membantu menarik perhatian masyarakat luar sana supaya semakin bertambah jumlah kontribusi dalam bersedekah.

2. Open Recruitment Terbuka

Dengan adanya masalah kekurangan SDM ini Lazismu harus melakukan Sosialisasi dan Open Recruitment secara terbuka supaya mahasiswa mahasiswi Universitas Muhammadiyah Gresik punya rasa minat dan tetarik untuk bergabung menjadi relawan Lazismu UMG, agar kedepannya semua program kerja yang diusulkan akan terlaksana semuanya dan jumlah donatur Lazismu akan semakin bertambah dan sesuai target.

KESIMPULAN

Dari permasalahan yang telah terjadi yaitu sedikit nya jumlah donatur Lazismu Universitas Muhammadiyah Gresik solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat konten edukasi yang bagus dan menarik yang merupakan salah satu jenis konten yang saat ini sedang disukai oleh banyak orang sehingga banyak orang yang akhirnya senang melihat akun Instagram dan YouTube Lazis Universitas Muhamadiyah Gresik. Pada permasalahan yang lain yaitu kurang nya Sumber Daya Manusia solusi yang dapat saya bantu adalah dengan hadir memberikan kontribusi melalui tenaga dan pikiran dalam menjalankan program-program yang ada.

SARAN

Saran saya untuk Lazismu Universitas Muhammadiyah gresik agar kedepannya selalu mengikuti perkembangan konten sehingga dapat terus membuat akun Tik - Tok lazismu Universitas Muhammadiyah Gresik banyak dikunjungi serta dikenal luas oleh masyarakat sehingga secara tidak langsung juga dapat meningkatkan jumlah para donatur yang akan membuat organisasi lazismu di umg semakin sukses. Selain itu saran saya lainnya adalah agar lazis umg bekerja sama dengan akun Ig Universitas Muhammadiyah Gresik dalam melakukan pembuatan konten untuk mengajak mahasiswa agar banyak yang tau dan akhirnya tertarik untuk menjadi relawan di lazismu umg sehingga permasalahan kekurangan SDM dapat teratasi.

gambar 1.4 program kerja ksatria lansia sekaligus Proses pembuatan konten ksatria lansia./Dokpri

gambar 1.5 menghitunghasil donasi bersamaRekan rekan magang kainnya./Dokpri

gambar 1.6 konten wawancara mahasiswa afrika yag mnerima beasiswa sang surya./Dokpri


Demikian yang dapat saya tulis pada artikel ini tentang pengalaman saya selama magang di Lazismu UMG ini, saya meminta maaf apabila pada penulisan saya ini masih ada kekurangan karena saya pribadi masih banyak kekurangan dan masih butuh bimbingan untuk terus belajar, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr, wb






BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline