Peran Guru sebagai Teladan dalam Kehidupan Sehari-hari: Implementasi Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar Menuju Indonesia Emas 2045
Transformasi Pendidikan di Era Society 5.0: Panduan untuk Guru Milenial (Bagian IX)
Oleh: Ahmad Rusdiana
Guru Menjadi Teladan dalam Kehidupan Sehari-hari merupakan tema pesan kesembilan dari 10 Pesan Edukasi untuk Guru Melinial 5.0, dalam Pengembangan Daya Pikir Guru dalam Transformasi Pendidikan Era Society 5.0 Menuju Indonesia Emas 2045. Guru akan selalu menjadi inspirasi bagi peserta didiknya.
Setiap orang pasti merasakan kehadiran dan pengaruh seorang guru yang akan berperan besar dalam hidupnya. Baik belajar nilai pengabdian, menemukan kecintaan pada mata pelajaran tertentu, atau belajar percaya diri untuk berbicara di depan umum. Guru akan selalu menjadi pembimbing segala hal yang ada di dunia ini. Belvel pernah berpsan: "Kami lebih dari panutan bagi siswa kami; kami adalah pemimpin dan guru dari kurikulum akademik dan kurikulum sosial" - (P. S. Belvel)
Guru akan mengikuti perkembangan penting peserta didiknya dan siap untuk menjadi salah satu orang yang berpengaruh dalam kehidupannya. Tentu setelah orangtua, anak akan belajar dari guru di Sekolahnya.
Guru akan menjadi figur yang bertanggung jawab menanamkan beberapa nilai-nilai kehidupan yang penting ke peserta didik. Sebagai contoh, dalam masa awal masuk ke jenjang sekolah pertama kali, mungkin seorang anak bertemu dengan anak yang seumuran dengannya dan menjalin persahabatan untuk pertama kalinya.
Walaupun peran guru akan berkurang seiring bertambah dewasanya peserta didik, pelajaran awal ini akan tetap mempengaruhi seorang peserta didik bagaimana dia berinteraksi dengan orang lain di masa depan.
Dalam konteks era Society 5.0 dan visi Indonesia Emas 2045, peran guru sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari menjadi sangat krusial. Guru tidak hanya mengajar kurikulum akademik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai kehidupan yang fundamental bagi perkembangan peserta didik.
Mengingat pesan dari P.S. Belvel, guru adalah pemimpin dan teladan baik dalam kurikulum akademik maupun sosial. Berikut adalah pengembangan tiga sikap penting bagi guru dalam menjadi teladan, dikaitkan dengan konteks Guru Profesional dan implementasi Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar.