Lihat ke Halaman Asli

Teman dan Jaringan Dunia Maya

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

kemajuan teknologi membuat batasan fisik menjadi kabur. kita bisa berterhubung dengan teman di seberang lautan bahkan kisa bisa tahu celotehan artis lewat situs jejaring sosial. Berkat internet, teman kita tidak hanya ada di dunia nyata bahkan kini kita bisa punya teman di alam maya yang bisa jadi tidak kita kenal sebelumnya.

Begitu juga dengan saya. Pertama kali menggunakan sosial media, khusunya FB sama seperti kebanyakan orang hanya untuk bertemu teman-teman lawas yang entah keberadaannya  ada di mana. Berjalannya waktu saya mulai menyadari sesuatu, ternyata FB bisa digunakan untuk membuat jaringan dengan banyak orang dan orang-orang terkenal yang dalam dunia nyatanya sangat sulit untuk berinteraksi, tapi berkat FB dan internet itu bisa diatasi, benar-benar boderless world.

Saya suka menulis dan berkat FB dan twitter kini saya bisa berkenalan lebih intens dengan beberapa penulis idola saya. Kemudian saya pun diskusi dengan penulis idola saya itu lewat FB. Asyiknya lagi ternyata saya juga bisa menyerap ilmu tulis menulisnya lewat status-status mereka. Sebuah berkah rasanya.

Ternyata saya juga bisa dapet teman baru yang sebelumnya tidak saya kenal. Banyak teman baru saya di FB yang mau menjadi teman maya saya karena tulisan-tulisan di Blog. Salah satunya Mafasa, yang ternyata satu jurusan cuma beda perguruan tinggi. Ia sering sekali bertanya tentang kuliahan. Saya menanggapiya dengan cukup antusias karena jujur saja saya juga ingin tahu kalau di tempatnya kuliah itu seperti apa pembelajarannya. Akhirnya seringlah ngobrol kalo pas sama-sama ol.

Pengalaman paling menarik adalah ketika mengundang salah satu pembicara untuk kegiatan yang saya adakan. Andi Suhandi namanya, ia adalah pemenang Kick Andy Young Hero 2011.  Saya memiliki jalinan pertemanan di FB dengannya, namun belum pernah ketemu dan saya tidak tahu kontaknya. Akhirnya nekad juga mengirim pesan untuknya buat ngisi acara. Ternyata ditanggapi dengan baik. Dan pas acara pun ia hadir sebagai pembicara. Mudahkan berteman dan berjejaring lewat alam maya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline