Lihat ke Halaman Asli

Firman Pratama

pebisnis muda

Bukan Kerja Keras, tapi Hal Ini yang Harus Dilakukan Supaya Mimpi Anda Terwujud

Diperbarui: 8 September 2021   11:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Apa yang harus dilakukan supaya mimpi terwujud? Apakah kerja keras? Hal ini yang ingin saya bahas di tulisan saya kali ini. Semua orang pasti memiliki mimpi, memiliki harapan atau keinginan. Mustahil ketika seseorang yang masih hidup tidak memiliki keinginan atau mimpi. 

Kadang ada sebagian orang yang mengataan "saya tidak punya keinginan, saya jalani saja takdir Tuhan". Orang yang mengatakan hal seperti itu sebenarnya hanya dimulut saja. Tujuannya supaya terlihat religius, terlihat dekat dengan Tuhan. Padahal justru hal itu menunjukkan kebohongan. Coba saja anda ajak ke warung makan, lalu tanya "mau makan apa?", pasti dia memilih makanan. Berarti dia memiliki keinginan.

Setiap Orang Punya Mimpi

Setiap orang pasti punya mimpi, pasti punya keinginan. Tapi banyak orang mengeluh bahwa mimpinya tidak terwujud. Dan akhirnya tidak mau bermimpi lagi. Tidak mau bermimpi disini maksudnya adalah tidak mau bermimpi yang "besar". Karena mengalami trauma saat mimpi besar sebelumnya tidak terwujud. Jadi kenyataannya tidak ada orang yang tidak punya mimpi. Karena dari kecil saja oleh orang tua, kita sudah dipaksa untuk bermimpi "nanti kalau sudah besar mau jadi apa?". Pasti anda dulu waktu kecil menjawab kan, mau jadi apa.

Kenapa Takut Bermimpi?

Bermimpi itu butuh keberanian. Karena tidak semua orang berani untuk bermimpi. Padahal mimpi itu gratis. Saya sering bertemu banyak orang dikelas AMC online. Ketika masuk ke materi membuat keinginan, hampir 80% peserta itu takut untuk menuliskan keinginannya. Bahkan di youtube Cahaya Kehidupan saya juga sering mengatakan bahwa banyak orang takut untuk bermimpi. Bermimpi berbeda dengan berkhayal.


Ketika berkhayal maka tidak ada tindakan untuk mewujudkannya. Sepertinya sih banyak orang terjebak di "berkhayal". Ditambah lagi karena trauma akibat mimpi sebelumnya tidak ada terwujud membuat jadi takut untuk bermimpi.

Apa yang membuat mimpi tidak terwujud?

Yang membuat mimpi tidak terwujud bukan Tuhan, tapi karena anda sendiri  yang menolak mimpi itu terjadi. Tapi seringkali anda menganggap bahwa tidak terwujudnya mimpi itu karena sudah takdir Tuhan. Cara berpikir seperti ini membuat seseorang tidak pernah belajar merubah kesalahan dalam diri. Padahal mimpi tidak terwujud sudah pasti karena ada kesalahan dalam diri.

Kesalahan yang utama membuat mimpi seseorang tidak terwujud adalah mudah terpengaruh dengan omongan orang lain.

Apalagi jika yang bicara itu adalah orang terdekat. Bagaimana mimpi itu terwujud kalau anda sendiri tidak konsisten dengan mimpi tersebut. Banyak orang sering goyah dengan mimpi-mimpinya. Hal ini disebabkan karena ketidaktahuan dalam mengelola pikiran sendiri.

Apa yang harus dilakukan supaya mimpi terwujud?

Ketika anda bertanya, apa yang harus dilakukan supaya mimpi terwujud? jawabannya bukan kerja keras. Karena banyak orang kerja keras sampai usia senior tapi susah juga mendapatkan apa yang jadi mimpinya. Satu-satunya cara adalah "MELEKAT" dengan mimpi anda. Melekat disini artinya adalah memegang teguh apa yang menjadi mimpi anda. Tidak mudah terpengaruh terhadap omongan orang. Karena memang banyak orang yang ingin mengacaukan mimpi anda, apalagi orang terdekat anda. Saat anda tidak melekat dengan mimpi maka pasti anda mudah terpengaruh.

Maka genggam erat-erat mimpi anda, melekatlah dengan mimpi itu. Dan gunakan pikiran anda untuk bergerak dalam mewujudkan impian anda tersebut, karena pikiran kita adalah alat untuk mewujudkan apapun mimpi yang kita buat. Tetaplah bermimpi, jangan Bangun !




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline