Lihat ke Halaman Asli

Firman Pratama

pebisnis muda

Menyambut Tahun Baru 2012

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebentar lagi kita bersama segera melewati tahun 2011, terasa cepat jika kita mengisi waktu dengan manfaat. Memang waktu akan terus berputar dan bergerak, ada pepatah mengatakan "Kalau kita diam, maka akan tergilas oleh waktu". Waktu sangat luar biasa, kalau di barat dikenal dengan "time is money" bahkan saya sempat melihat sebuah baliho iklan dijalan yang berbunyi "time is luxury".

Waktu adalah kemewahan, kalimat itu sungguh membuat saya berhenti sejenak untuk melihatnya..sebuah slogan yang sangat bagus jika kita juga memasukkannya ke pikiran kita. Jadi bukan hanya uang, melainkan waktu adalah kemewahan. Bahkan di agama Islam, Allah SWT bersumpah "Demi masa". Benar-benar perlu diperhatikan waktu kita, karena waktu adalah "sesuatu" yang berharga. Bisa kita bayangkan, jika kita hidup tanpa waktu, tanpa ada pergantian musim, tanpa ada pergantian hari. Hidup kita pasti berjalan statis.

Mari bersama kita ulas waktu setahun ini, anda tahu 1 tahun = 365 hari benar bukan? lalu 1 hari = 24 jam, 1 jam = 60 menit, dan 1 menit = 60 detik.  Kalau kita perhatikan maka 1 tahun = 365x24x60x60 = 31.536.000 detik.  Luar biasa lama detiknya dalam 1tahun. Lalu kita isi dengan apa waktu 1 tahun kita??

Perhatikan ilustrasi berikut :

Jika anda tidur 8jam sehari, berarti 8/24 x 100% = sekitar 30% dalam sehari kita gunakan untuk tidur.

Maka 30% x 31.536.000 = 9.460.800 detik kita gunakan untuk tidur dalam setahun, berarti masih ada sisa 22.075.200 detik. Kita gunakan untuk apakah sisa waktu tersebut??

Bukankah setiap orang memiliki jatah waktu yang sama? Benar bukan, semua sama saja 24jam, tidak ada yg kurang dan tidak ada yang lebih. Tapi kita perhatikan, dengan waktu yang sama ternyata tiap orang mampu melakukan sesuatu yang luar biasa. Presiden SBY waktunya 24jam, bos perusahaan besar juga waktunya 24jam, seorang profesor juga waktunya 24jam, sedangkan tukang becak juga 24jam, tukang jual bakso juga 24jam. Ternyata dapat kita tarik kesimpulan, waktu sama tapi isi beda.

Apa yang dilakukan tukang becak berbeda dengan dilakukan seorang pengusaha, tukang becak rajin dengan tukang becak malas juga isi waktunya berbeda. Dan ketika kita mengisi waktu yang berbeda, maka pasti hasil yang kita raih juga berbeda. Benar bukan?

Seorang pelajar yang bangun malam disaat teman-teman lain tidur, dia belajar di tengah malam. Maka pasti hasil ujiannya berbeda dengan mereka yang hanya belajar sore hari saja. Maka rumusnya kembali Waktu sama tetapi Isi Beda.

Seseorang yang dalam tahun 2011 ini mampu mewujudkan impiannya dan mensyukuri di ujung tahun ini pasti isi waktunya berbeda dengan orang merasa tahun 2011 ini gagal dan belum mendapat apa-apa. Perhatikan diri anda, apakah anda sudah mengisi tahun 2011 ini dengan "isi" yang berbeda?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline