Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Ismail Ibnu Sina

Customer support di Otospector ; Layanan Inspeksi dan Garansi Mobil

Bisnis Kopi Revolusioner: Hanya Berlaku Ketika Power Modal dan Ketenaran Bersatu

Diperbarui: 13 Maret 2023   16:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

INDOxyz kolaborasi Snoop Dogg x Michael Riady Bisnis kopi Indonesia (doc. hiphopun.com)

Dalam kolaborasi yang menarik ini, Snoop Dogg dan Michael Riady bermitra untuk mengenalkan kopi Indonesia di Amerika dengan merek INDOxyz. Michael, seorang anggota keluarga bisnis besar Lippo Group, memperkenalkan kopi lokal Indonesia kepada Snoop, yang langsung jatuh cinta pada kopi tersebut.

Bersama-sama, mereka akan memproduksi tiga jenis varian kopi, yaitu biji utuh, pre-ground, dan ready-to-drink (RTD), dan membuat produk tersebut tersedia secara online dan melalui grosir di lokasi terbatas di California.

Bersamaan dengan itu, di sisi lain pemerintah Indonesia melalui program Social Creative Coffee Expo dan upaya Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menargetkan untuk meningkatkan ekspor kopi Indonesia ke seluruh dunia. Program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) negara dan membantu petani kopi dalam memasarkan produk mereka. Indonesia sendiri dikenal dengan budaya minum kopi dan menghasilkan berbagai jenis kopi yang nikmat, seperti Aceh Gayo, Kopi Bali, Mandailing Arabica, Lampung Robusta, Bajawa Flores, Toraja, dan Liberika Riau. Berbagai jenis kopi tersebut dapat dinikmati oleh pecinta kopi di seluruh dunia.

Disclaimer dulu sebelum melanjutkan: artikel ditulis ketika penulis sedang dalam posisi Blackout, Jadi mohon maaf apabila tulisan ini terkesan berantakan dan tidak jelas. Karena penulis sedang Mager

Dari Indonesia ke Amerika, INDOxyz menghadirkan kualitas kopi terbaik dalam 3 variant

Variant rasa INDOxyz by SnoopDogg x Michael Riady (instagram.com/indo.xyz)

Rapper terkenal asal Amerika, Snoop Dogg, telah meluncurkan produk kopi baru bernama INDOxyz bekerjasama dengan pengusaha Indonesia bernama Michael Riady. Snoop tertarik untuk menjual kopi Indonesia setelah mencobanya saat berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Michael yang menunjukkan padanya berbagai jenis kopi lokal yang terbaik. Nama "INDO" berasal dari singkatan Indonesia dan judul lagu Snoop yang berjudul "Gin & Juice". Mereka bermitra untuk produksi dan penjualan kopi dalam bentuk biji utuh, bubuk, dan minuman siap saji (RTD).

Menurut pernyataan di situs web mereka, Indonesia menghasilkan rasa yang unik yang dapat membangkitkan selera bagi semua tipe penikmat kopi. Saat ini, INDOxyz baru tersedia di California, Amerika Serikat dengan harga $5,99 per minuman RTD atau $17,99 per pon di platform online seperti toko grosir.

Michael tidak mengetahui bahwa "INDO" sebenarnya merupakan referensi dari lagu Snoop, ia hanya mengira itu singkatan dari Indonesia. Michael juga mengakui bahwa ia tidak begitu memahami makna di balik lagu tersebut, meskipun ia mengetahui lagu itu sebelum bermitra dengan Snoop. Meski begitu, ia bersemangat untuk memperkenalkan minuman INDO ke khalayak yang lebih luas dan berharap lebih banyak orang dapat menghargai campuran rasa yang unik dari produk kopi tersebut.

Social Creative Coffee Expo: Upaya Pemerintah Indonesia dalam Mempromosikan Kopi Lokal

Kegiatan event sosial creative coffee Expo by Kementan (sumber foto: viva.co.id)

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), mengumumkan niatnya untuk meningkatkan ekspor kopi Indonesia ke seluruh dunia. Menurutnya, banyak orang menyukai kopi Indonesia, dan salah satu jenis dari Sulawesi Selatan sangat populer. Namun, untuk menjual kopi berkualitas bagus dari Indonesia ke seluruh dunia, dibutuhkan bantuan untuk mengekspornya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline