Lihat ke Halaman Asli

Akhmad Hani Nadif

Direktur Eksekutif Center for National Defense and Security Studies (CNDSS)

Wagner Group: Relasinya dengan Pemerintah Rusia

Diperbarui: 10 Juli 2023   18:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Foreign Policy Research Institute, 2019. Diplomacy and Dividends: Who Really Controls the Wagner Group

Dalam beberapa minggu terakhir, Wagner Group telah menjadi sorotan dunia. Hal ini tidak terlepas dari pemberontakan yang hampir berhasil dilakukan terhadap pemerintah Rusia sebelum akhirnya dibatalkan dan pergi menuju Belarusia.

Wagner Group adalah sebuah organisasi yang dikepalai oleh Yevgeny Prigozhin yang oleh Barat dijuluki sebagai "Putin's Chef" dikarenakan latar belakangnya sebagai penyedia katering bagi Presiden Rusia tersebut. Kelompok ini telah melaksanakan berbagai macam aktifitas di berbagai belahan dunia, utamanya di benua Afrika dan saat ini di Ukraina. 

Dalam laporan Russia's Wagner Private Military Company (PMC) (2023) tercatat bahwa Republik Afrika Tengah, Libya, Mozambik, dan Sudan menggunakan jasa Wagner untuk menjalankan berbagai macam aktifitas bisnis dan pertahanan-keamanan.  

Sekilas, Wagner Group terlihat serupa dengan perusahaan PMC lainnya di dunia seperti Blackwater yang sekarang berubah menjadi Academi, atau STTEP Internasional di Afrika Selatan dll yang memiliki hubungan subordinasi dengan pemerintah. Namun tidak demikian dengan Wagner Group. Mereka memiliki ciri khas tersendiri terkait hal itu dan inilah yang menurut saya menarik untuk dibahas lebih lanjut.

Perlu diketahui bahwa tulisan ini tidak akan berusaha melakukan analisa secara mendalam dibalik pemberontakan oleh Wagner Group terhadap pemerintah Rusia yang berlangsung beberapa minggu lalu karena banyaknya spekulasi dan minim data. Tulisan ini adalah opini saya yang bertujuan untuk melihat bagaimana relasi antara Wagner Group dengan pemerintah Rusia dari data-data yang tersedia hingga saat tulisan ini muncul

Wagner Group: Relasi Bayangan

PMC (Private Military Company) sejatinya adalah entitas swasta yang menyediakan sejumlah layanan pertahanan dan keamanan yang bekerja sama atau dikontrak oleh klien, baik swasta maupun negara yang diawasi oleh regulasi tertentu. Di Amerika Serikat (Irvin, 2011) Serikat sebagai contoh, memiliki regulasi industri PMC yang jelas sehingga pemisahan antara swasta dan publik cukup dapat terlihat porsinya. 

                                                                             

Namun tentunya klasifikasi seperti ini tidak dapat kita sematkan begitu saja terhadap Wagner. Dapat kita lihat bersama melalui gambar yang tertera di paling atas bagaimana adanya keselarasan antara kepentingan luar negeri Rusia dengan tujuan-tujuan komersial Prigozhin selaku bos dari Wagner Group. 

Rata-rata, kelompok ini terlibat dalam proyek-proyek energi, tambang, politik, dan hankam. Pemerintah Rusia dapat masuk secara diplomatis, resmi dan Wagner Group dapat melakukan aktifitas-aktifitas atas nama pemerintah Rusia dan swasta dengan cara yang lebih fleksibel dengan plausible deniability. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline