Lihat ke Halaman Asli

Transformasi Program Guru Penggerak: Menuju Pendidikan Kepemimpinan Sekolah yang Visioner

Diperbarui: 11 Januari 2025   08:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru berdiri percaya diri di depan kelas dengan latar gedung modern, simbol kepemimpinan dan inovasi pendidikan. Sumber: AI DALL-E. 

Transformasi Program Guru Penggerak: Menuju Pendidikan Kepemimpinan Sekolah yang Visioner

Dalam dunia pendidikan, inovasi dan pembaruan program menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama di kalangan pendidik. Salah satu langkah signifikan yang sedang dibahas adalah transformasi Program Guru Penggerak menjadi Pendidikan Kepemimpinan Sekolah. Perubahan ini bukan hanya soal nama, tetapi juga mencerminkan pergeseran paradigma dalam pengembangan kompetensi guru.

Mengenal Program Guru Penggerak

Program Guru Penggerak merupakan inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan melahirkan guru-guru dengan kompetensi unggul, inovatif, dan inspiratif. Program ini dirancang untuk membekali guru dengan kemampuan kepemimpinan pembelajaran, agar mereka mampu menjadi penggerak perubahan di lingkungan sekolah dan komunitas.

Melalui program ini, para guru tidak hanya dilatih dalam aspek pedagogi, tetapi juga diberi bekal untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang mampu mendorong kolaborasi, inovasi, dan pengembangan siswa secara holistik.

Pergeseran ke Pendidikan Kepemimpinan Sekolah

Wacana perubahan menjadi Pendidikan Kepemimpinan Sekolah membawa fokus yang lebih spesifik. Transformasi ini bertujuan untuk mempersiapkan guru dan calon pemimpin sekolah agar mampu mengelola institusi pendidikan dengan pendekatan kepemimpinan strategis.

Jika Program Guru Penggerak berfokus pada pembelajaran di dalam kelas dan pengaruh guru sebagai agen perubahan, maka Pendidikan Kepemimpinan Sekolah memperluas cakupannya pada pengelolaan sekolah secara keseluruhan. Program ini diharapkan dapat mencetak kepala sekolah dan pemimpin pendidikan yang:

  1. Berorientasi pada visi strategis: Mampu merancang dan mewujudkan visi pendidikan jangka panjang.
  2. Adaptif terhadap perubahan: Mengembangkan strategi untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan yang terus berkembang.
  3. Berdaya kolaborasi tinggi: Memperkuat hubungan antara guru, siswa, orang tua, dan masyarakat.

Apa Bedanya?

Perbedaan utama antara kedua program ini terletak pada fokusnya:

  • Program Guru Penggerak: Lebih menitikberatkan pada pengembangan guru sebagai pemimpin pembelajaran di tingkat kelas dan komunitas.
  • Pendidikan Kepemimpinan Sekolah: Mengarahkan peserta untuk menguasai keterampilan kepemimpinan dalam mengelola sekolah sebagai organisasi.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline