Lihat ke Halaman Asli

Agusvivia Mitasari

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Program Magang Berbasis MBKM sebagai Wadah Pengembangan Skill pada Dunia Kerja

Diperbarui: 30 Agustus 2023   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur (Sumber: Pribadi)

Program Magang Berbasis MBKM Sebagai Wadah Pengembangan Skill Pada Dunia Kerja Mahasiswa Teknik Sipil UPN "Veteran" Jawa Timur

Magang berbasis MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang berbentuk program magang/ praktik kerja yang dapat ditempuh oleh mahasiswa perguruan tinggi.

Program magang berbasis MBKM dilaksanakan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan, serta siap bersaing dalam kompetisi global.

Salah satunya adalah mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur Program Studi Teknik Sipil yang mengikuti Program Magang berbasis MBKM pada Proyek Pengembangan Rumah Sakit Kasih Ibu, Surakarta dengan PT. PULAUINTAN sebagai kontraktor. Proyek ini berlokasi di Jl. Slamet Riyadi No. 404 Purwosari, Laweyan, Surakarta.

Mahasiswa ini mengikuti program magang selama 4 bulan mulai dari tanggal 1 Agustus 2023 sampai dengan 31 November 2023. Untuk jadwal kegiatan magang mahasiswa mengikuti jadwal kerja perusahaan dari hari Senin sampai hari Jumat dengan jam kerja mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu untuk mahasiswa magang bersifat fleksibel mengikuti kegiatan yang sedang berlangsung.

Di lapangan setiap mahasiswa magang akan dibimbing oleh supervisor, hal ini diharapkan mahasiswa mampu menyerap ilmu yang ada di lapangan selama proses magang berlangsung.

Program magang ini bertujuan untuk bisa memberikan kesempatan kepada para mahasiswa agar bisa mengembangkan dirinya terlebih khusus meningkatkan hard skill maupun soft skill mereka sehingga akan lebih siap untuk memasuki dunia kerja setelah lulus dari perguruan tinggi nantinya.

upnjatim.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline