Dewasa ini perkembangan zaman kian pesat.Hiburan Manusia Modern saat ini bukan cuma melalui alternative hiburan yang monoton seperti radio dan televisi saja, melainkan Jejaring sosial seperti Twitter, Facebook jumlah penggunanya di Indonesia saja kini kabarnya merupakan 3 besar di dunia. Atau 20-30% dari keseluruhan jumlah pengguna facebook keseluruhan. Tak heran jika pemilik Facebook, Mark Zuckerberg bisa mengantongi tak kurang dari 9 MILLIARD rupiah per hari dari IKLAN di Facebook saja ( sumber emonzo.com/penghasilan-facebook-dari-iklan-bisa-mencapai-9m-per-hari ). Wow..!! Sungguh LUAR BIASAnya Facebook dan TWITTER. Yang saya amati sekarang adalah, Media ini digunakan oleh orang orang kreatif untuk promosi agar bisa bersaing di persaingan Global bahkan Dunia, yang jika menggunakan media Televisi dan Radio, pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit dan belum tentu efektif. Contoh saja iklan ditelevisi pada slot jam Prime Time ( pk. 19.00 - 22.00) yang memasang tarif iklan antara 10 - 14 juta / 1x tayang dengan durasi 15-30 detik. Wauw...?! Yang tidak kalah menarik perhatian media sosial sering dimanfaatkan oleh penggunanya dengan membentuk sebuah grup / forum jual-beli Lokal, dimana biasanya mereka yang tergabung dalam grup tersebut biasanya sebuah komunitas yang terbentuk dengan solid pula didunia luar. Sistem COD (Cash On Demand) lebih sering digunakan saat ini. Artinya, lebih sedikit mengurangi resiko kerugian. Dan yang paling menarik perhatian saya adalah , Facebook tidak hanya dimanfaatkan untuk iklan Jual Barang saja. Bahkan beberapa penyanyi INDI atau INDIE atau mereka Musisi yang berkesenian tanpa teringkat kontrak dengan label atau produser dan biasanya yang mereka iklankan di media ini baru sampai tahapan apa yang disebut Demo. Dalam hal musik INDI, saya sedikit mengikuti perkembangan seorang artis dari BATAM yang namanya OKRI ADE. Yang paling menarik, iklan artis ini ga cuma tayang dalam satu waktu saja. Terkadang Pagi, siang, malam, bahkan Dini hari. Saya pun diam diam mencoba klik link dari beberapa situs Reverbnation / Youtube, dan saya pikir, Okriade ini sangat memungkinkan untuk menjadi seorang artis besar suatu hari nanti. Karena yang memberikan SUKA untuk tiap postingan dari iklan ini makin bertambah dari hari ke hari. Tidak itu saja. Ranking 1 nya pada sebuah situs dunia itu, memang layak buat Okrii ini, mengingat arti atau makna lagunya adalah merupakan gambaran situasi yang saat ini bisa disebut "Trending Konflik" bagi mereka yang berpacaran, yang bisa anda ketahui dari update status kawan kawan anda. Barangkali memang, Okriade ini selain karyanya cukup OKE, moment masuk didunia entertainment saat ini cukup Pas. Kebetulan, saya juga seorang follower dari akun twitter yang sering menayangkan iklan ini dg user name : @AMBAmadiun. Followernya bertambah sangat signifikan. Mulai dari jumlah 10 0rang sampai kini lebih dari 100 dalam waktu yang belum lama juga. Sedangkan di Facebook, akun dari Robin Yonathan yg sering menayangkan iklan ini, ternyata adalah manager sebuah Management Artis lokal yang memang menaungi Okriade ini. Apa yang menarik? Entahlah, sepertinya selalu menarik bagi saya untuk membaca postingannya. Dan itulah mengapa saya jadi tahu betul detail dari apapun yang berhubungan dengan Barudak Muda dan Ganteng asal Batam si OKRIADE ini, mulai dari sebutan penggemar Okriade = My Okri (yg sekaligus merupakan Fan Page Okriade), lalu managemennya AMBA madiun, darimana asal artis ini bahkan sampai kehidupan dan motivasi si Artis ini yang sangat memberikan kesan dan pengaruh positif bagi siapapun yang membaca iklannya tiap hari. Memang saya bukan jempoller, tapi karena kedua anak perempuan saya menyukai artis inilah yg membuat saya jadi tertarik mengikuti perkembangan artis band indi ini. Selain itu, ternyata para pelaku dunia entertainment yang sekarang cukup berjaya didunia artis saat ini kebanyakan mereka aktif sekali di dunia twitter dan facebook, 2 media utama yang kayanya wajib kita ikuti. Saya juga mengikuti perkembangan pengguna twitter maupun facebook saat ini. Masih lebih baik dibanding media follower sprt yg banyak diiklankan di TV. Media TELEVISI, SITUS JUAL BELI Online, Media Sosial Sejenis juga masih menggunakan Facebook dan Twitter sebagai Media Utama yang menjembatani komunikasi mereka dengan penggemar/pemirsa/member mereka masing masing. Bahkan akun tiap program acara terkadang lebih dari 1 akun sebagai mention iklan mereka. Ini adalah sebuah solusi komunikasi yg lebih aktif, murah dan cukup efektif buat pelaku bisnis pertelevisian untuk menggunakan "sarana iklan gratis" ini. Jadi, bagi anda yang ingin mengembangkan usaha apa saja, tidak ada salahnya menggunakan media FB dan Twitter untuk mempromosikannya, karena toh, mereka yg memiliki basic usaha sejenis pun bahkan media komersil multimedia masih belum PeDe jika salah sati acara mereka ga masuk di Trending Topic Dunia. Demi hal inilah, terkadang di adakan sebuah kuis dengan iming iming hadiah agar keinginan acara mereka dikenal dunia sbg Trending Topic dpt terlaksana. Wajar sich. Inilah beberapa strategi komunikatif yang berkembang saat ini, yang mudah mudahan dapat kita manfaatkan secara positif untuk tujuan positif juga
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H