Lihat ke Halaman Asli

Perjuangan Kartini masa kini, masihkah diperlukan ?

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

ASN, Jakarta 21 April 2014


Ada banyak pertanyaan yang mengusik tiap kali tanggal 21 April tiba setiap tahunnya. Hari yang biasa dikenang sebagai Hari Kartini, dijadikan momentum untuk menyemarakkan gerakan perempuan Indonesia untuk mendapatkan kesetaraan kehidupan yang lebih baik dalam semua lini kehidupan.


Jika dahulu, persoalan yang paling menonjol adalah hak untuk memperoleh pendidikan, sepertinya pada saat ini hak untuk memperoleh pendidikan (yang sama dengan laki-laki) tidak lagi menjadi masalah. Dalam hal kesempatan kerja dan berkarir, sekarang pun boleh dibilang perempuan telah mendapatkan kesempatan yang sama dengan laki-laki. Secara politik, walau pun cenderung masih dipaksakan dengan ketentuan minimum keterwakilan perempuan di DPR, bahkan, sementara ada banyak negara maju belum pernah terjadi, Indonesia juga pernah memiliki seorang Presiden perempuan, yang merupakan pimpinan politik tertinggi di negeri ini. Calon Astronot pertama Indonesia pun dahulu adalah seorang perempuan.


Jika kini gerakan perempuan dinilai masih perlu (bahkan dalam kabinet ada Menteri Pemberdayaan Perempuan), sepertinya yang diperlukan pada saat ini  adalah memperjuangkan kesetaraan (yang tidak sama artinya dengan persamaan) dalam tatanan keseimbangan (bukan perebutan kekuasaan) antar gender.


Sekedar catatan, dalam pergerakan ini, seharusnya tetap disadari ada kodrat dan tentu ada alasan mengapa Tuhan membedakan jenis kelamin manusia dan itulah mengapa ada peran-peran yang bisa berbeda yang harus dijalankan oleh masing-masing gender, baik laki-laki, maupun perempuan.


Dalam kondisi saat ini apakah masih diperlukan adanya Menteri Pemberdayaan Perempuan atau adanya alokasi minimum keterwakilan perempuan di DPR ? Jika ingin konsisten memberi peran para perempuan sesuai dengan kemampuannya diberbagai bidang, mestinya pendekatan-pendekatan proteksi gender seperti itu harus di hindari dan mulai memberi peran yang berarti dan penting pada perempuan. Kita sudah buktikan beberapa perempuan ternyata berhasil memimpin perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia atau menduduki jabatan menteri-menteri penting di pemerintahan.


Jadi kembali ke pertayaan awal, pada saat ini masih diperlukankah perjuangan Kartini masa kini ? Atau cukuplah kaum perempuan mulai bangkit dan mendiri mencari peran sesuai keinginan dan kesanggupannya masing-masing, mengingat pembatasan peran dimasa kini rasanya sudah hampir tidak lagi dipersoalkan ?


Selamat Hari Kartini perempuan Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline