PERAN DIGITALISASI DALAM MENINGKATKAN SDM
UMKM BATIK SEMARANG
Agustiya Fatriya Rizky
Institut Karya Mulia Bangsa
corresponding author : agustiya42@gmail.com
Abstrak
Kehadiran UMKM di Indonesia nampaknya mampu menyerap tenaga kerja dan memberikan kontribusi besar terhadap PDB negara. Salah satu jenis UMKM yang berperan dalam perekonomian negara adalah UMKM Batik Semarang. Produk batik mempunyai keunikan dan merupakan warisan zaman dahulu yang memiliki nilai tersendiri. Semarang merupakan rumah bagi banyak UMKM batik, namun mereka masih menghadapi kendala seperti kendala permodalan, kurangnya promosi, dan kendala dalam negeri terhadap tenaga kerja tidak terampil. Padahal, SDM merupakan mitra organisasi dalam mewujudkan daya saingnya. Sumber daya manusia yang berkualitas mampu melahirkan ide, kreativitas, kepemimpinan dan keberanian sehingga membuka peluang potensial bagi UMKM batik Semarang untuk memasuki pasar global. Namun permasalahan SDM ini nampaknya sering diabaikan oleh UMKM, mengingat praktik pengelolaannya masih cenderung tradisional. Masalah personalia ini mungkin akan menjadi gunung es yang akan muncul di masa depan. Oleh karena itu, perlu adanya integrasi strategi bisnis UMKM Batik Semarang dengan perencanaan sumber daya manusia yang tepat. Kebijakan dan sistem SDM dapat dirumuskan melalui analisis lingkungan eksternal dan internal, seperti penentuan matriks internal/eksternal (IE) melalui analisis SWOT dan hasil analisis kebutuhan/penawaran tenaga kerja. Pada akhirnya, kegiatan rekrutmen, pelatihan dan pengembangan, perencanaan karir dan sistem kompensasi merupakan strategi perencanaan sumber daya manusia UMKM yang bertujuan untuk mencapai daya saing usaha UMKM.
Kata kunci: digitalisasi, UMKM, SDM, analisis swot
PENDAHULUAN