Lihat ke Halaman Asli

Agustinus Maran

Guru Pelosok

Rabu Abu Tanda Tobat

Diperbarui: 22 Februari 2023   06:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Hari ini (Rabu, 22/02/2023) umat katolik memasuki masa prapaskah dengan menandai dahi dengan abu, dalam perayaan Rabu Abu. Rabu abu adalah hari pertama masa prapaskah dalam liturgi tahunan gerejawi sebagai persiapan memasuki Paskah.

Abu yang digunakan dalam perayaan ini berasal dari daun Palma yang telah diberkati pada Minggu Palma tahun sebelumnya, yang dibakar, diambil abunya kemudian digunakan dalam perayaan untuk menandai dahi dengan berbentuk salib, sebagai tanda perkabungan dan sesal yang mengingatkan bahwa manusia tercipta dari debu dan akan kembali menjadi debu.

Abu yang diurapi di dahi bagi umat katolik adalah tanda pertobatan, sehingga saat menandai dahi dengan abu, imam mengucapkan "bertobatlah dan percayalah kepada Injil". Seruan tobat ini akan semakin bermakna ketika kita sadar diri dan memiliki pertobatan bathin. Hal ini menyadarkan kita bahwa harus menyiapkan diri, menyadari segala kesalahan dan bertobat dengan berpantang dan berpuasa. 

Ada tiga hal praktis yang diajarkan Kristus hari ini adalah; pertama, melakukan karya amal kasih, kedua kita harus giat berdoa, dan ketiga berpantang dan berpuasa yang akhirnya menunjukkan pembaruan hidup.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline