Lihat ke Halaman Asli

Agustin na

Mahasiswa

Kondisi Ekonomi Pegawai Berpindah Profesi di Kala Pandemi Covid -19

Diperbarui: 8 Juni 2022   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pada awal pandemi covid -19 tidak hanya berdampak pada kesehatan saja tetapi juga banyak berdampak pada perekonomian. Banyak karyawan ataupun pegawai yang terkena PHK dikarenakan selama masa penyebaran virus covid -19.

Pertama, lemahnya permintaan pasar dikarenakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kedua,keterbatasan bantuan modal. Ketiga, keterbatasan untuk membiayai gaji karyawan dikarenakan omset dimasa pandemi sangatlah turun. Dan pada akhirnya banyak pegawai - pegawai yang pengangguran. Banyak juga yang melamar kerja tetapi ditolak dikarenakan masa pandemi itu. Ada banyak pegawai yang alih profesi menjadi pedagang, penjual makanan di online ataupun offline . Hal ini dikarenakan untuk menyambung kebutuhannya sehari -hari. 

Meskipun alih profesi menjadi pedagang ataupun yang lainnya tetap saja penjualan tidak bisa diandalkan setiap harinya, karena pesaing pedagang dimasa pandemi ini sangatlah banyak . Menggunakan modal dari uang pesangon itu tidaklah cukup, pada akhirnya banyak yang meminjam uang untuk kebutuhan nya ataupun untuk berdagang .

Pada akhirnya bantuan dari Pak Jokowi pun turun sekitar bulan April 2020 untuk satu keluarga antara lain bantuan itu yaitu:

1. Uang sebesar 300 ribu 

2. Kartu Pra Kerja 

3. Bahan -bahan makanan dan lainnya.

Hal ini sangatlah membantu bagi yang sulit mendapatkan pekerjaan dan orang yang membutuhkan. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline