Lihat ke Halaman Asli

wulanindri

agustin

Sekam Produk Sampingan Beras

Diperbarui: 15 Februari 2022   08:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekam padi / dokpri

Sekam padi merupakan sisa pengolahan gabah padi menjadi beras. Kulit nya yang sudah terkelupas terpisah dari bulir bulir padi dinamakan sekam. Pada pengolahan nya mesin penggiling memproses bulir bulir padi hingga membuat kulitnya mengelupas setelah itu bulir bulir padi dimasukan ke mesin yang lain untuk membersihkan sisa sisa kulit padi sehingga beras menjadi bersih. Dari mesin kedua dihasilkan produk sampingan berupa gabah halus atau bekatul.


Produk sampingan yang cukup banyak dihasilkan selain beras yakni kulit padi atau sekam padi.


Kulit padi inilah yang kemudian dijadikan penghangat lantai di kandang kandang peternakan ayam boiler. Pada saat panen ayam boiler selain menjual semua ayam yang sudah di ternakkan juga membersihkan kandang nya mengumpulkan sekam padi yang sudah bercampur dengan kotoran ayam dan memasukkannya kedalam karung karung menjadi produk pupuk untuk pertanian.


Selain itu sekam padi juga bisa dijadikan arang sekam dengan cara membakar nya yang juga berfungsi untuk campuran penyubur tanah untuk pertanian, arang sekam mentah juga seringkali dijadikan campuran penyubur tanah untuk pertanian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline