Lihat ke Halaman Asli

wulanindri

agustin

Beternak Domba

Diperbarui: 6 Januari 2022   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk memulai beternak domba sangat mudah sekali, anda dapat memulainya dengan membeli anak domba atau domba dewasa dari para peternak domba yang sudah ada atau sudah mampu menernakan domba nya hingga banyak. Satu ekor domba dewasa umur satu tahun makan dua kali dalam sehari dengan jumlah total sebanyak 7 (tujuh) Kilogram Rumput Hijau (untuk negara kita umumnya peternak masih memberi makan ternak domba mereka dengan rumput hijau). Pemeliharaan hewan domba sendiri dilakukan untuk tujuan tertentu seperti memenuhi kebutuhan hewan kurban saat hari raya idul adha atau Idil kurban.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut anda dapat memelihara hewan domba anda hingga berukuran dewasa dan siap untuk dikurbankan rata-rata setelah hewan domba anda berumur 2 (dua) tahun atau giginya sudah copot dua. Untuk pemilihan hewan kurban sendiri anda disarankan untuk memilih domba berjenis kelamin jantan. Jika domba yang anda pilih merupakan anak domba yang kualitasnya bagus maka Harga rata-rata nya sekitar 1.500.000 IDR/per anak domba. Dilihat dari penampakannya untuk kualitas domba yang bagus yakni ciri-cirinya, montok, sudah muncul tanduknya dan bersih, sudah disapih alias tidak menyusui kepada induknya (berumur sekitar 4-6 bulan). Jika kita lihat di laman BAZNAS domba untuk kurban bisa berusia minimal satu tahun dan boleh jantan atau betina. Hukum berkurban yakni sunah muakad ibadah yang sangat dianjurkan.

Sebelum membeli anda harus menyiapkan kandang terlebih dakhulu untuk menyimpan domba peliharaan anda. Pembuatan kandang sendiri dapat menyesuaikan dengan ukuran tanah kosong yang anda miliki. Jika anda hanya memelihara satu ekor domba jantan maka anda bisa membuat kandang dengan ukuran sekitar satu meter kali satu meter usahakan agar anak domba anda bisa bebas bergerak. Model kandang untuk ternak domba anda pun bisa anda sesuaikan dengan kemampuan dan bahan yang anda miliki. Bisa tanpa kolong atau bisa dengan kolong. Umumnya sebagian besar peternak di Indonesia masih menggunakan kandang dengan kolong sebagai tempat pembuangan kotoran dan membiarkan domba mereka lebih lama di dalam kandang. Hanya sesekali di angon di luar kandang. Jika anda membeli satu ekor domba dan memiliki kandang tanpa kolong anda dapat membuat tambahan kandang dengan pagar diluar kandang utama dan mengeluarkan hewan ternak domba anda saat siang dan memasukannya kedalam kandang utama saat malam hari nya. Anda dapat menempatkan kandang domba anda di samping atau di belakang rumah anda yang memungkinkan anda dapat mengawasinya dan tidak berada cukup jauh dari tempat anda tinggal sehingga memudahkan maling untuk mencuri domba yang anda pelihara ( di Indonesia hewan ternak domba sering menjadi sasaran maling dan sulit untuk bisa ditemukan kembali jika sudah hilang).

Tips membuat kandang domba yang umum digunakan oleh para peternak domba tradisional :

Siapkan bahan berupa kayu-kayu bisa menggunakan kayu bekas, bilah-bilah bambu yang sudah di potong, paku, genteng bisa menggunakan genteng bekas atau atap dari ijuk atau bahan lainnya yang dapat di gunakan sebagai atap kandang. Anda dapat membuat gambar telebih dakhulu sebagai acuan atau langsung saja. Cara pembuatannya tentu saja diawali dengan membuat kerangka kandang. Ukuran tinggi dari tanah bisa sekitar 1,5 meteran dengan ukuran kolong sekitar 0,5 meter untuk tempat pembuangan kotoran domba (tai dan air kencing domba) setelah membuat kerangka berbentuk kubus dengan bantuan paku dan palu anda bisa membuat kerangka untuk atap nya dari potongan bambu. Pastikan bagian samping kanan dan kiri tertutup sementara bagian depan nya berikan ruang untuk domba makan juga tempat pemberian pakan berupa rumput hijau di bagian bawah. Untuk lantainya dari potongan-potongan bambu dan dengan jarak tertentu upayakan agar ada celah yang cukup untuk pembuangan kotoran. Di bagian belakang Anda bisa membuat pintu yang di kunci menggunakan rantai dan gembok atau membuat teknik tertentu sehingga hewan domba peliharaan anda tidak mudah di curi oleh maling.

Untuk memenuhi kebutuhan rumput hijau sebagai sumber pakan ternak domba, anda dapat mencarinya di sekitar halaman rumah anda atau kebun dekat rumah anda. Jika anda membeli domba yang berusia sekitar 6 bulan maka kebutuhan rumput hijau anda selama satu tahun sekitar 7kg 365 hari = 2.555kg

Sedangkan selama domba masih berusia muda domba membutuhkan rumput sekitar kurang dari 7 kilogram per hari.

Adapun jenis rumput hijau yang dapat digunakan untuk pakan ternak domba anda ada banyak sekali jenisnya dengan pengecualian untuk rumput-rumput tertentu yang memang mengandung racun (beracun) seperti rumput kaso. Selain rumput domba juga menyukai daun-daun sayuran yang biasa di makan oleh kita. Beberapa jenis daun pepohonan juga bisa digunakan sebagai pakan domba seperti daun pohon nangka, daun jengejen, daun mini, daun pisang Manggala, dll. Selain rumput dan daun-daunan hijau domba juga bisa diberi pakan gabah halus padi atau bekatul yang sudah di campur dengan air juga onggok atau ampas tahu. Anda juga bisa mencoba mengenalkan daun-daun tertentu sebagai bahan pakan domba anda seperti daun bamboo atau daun lainnya yang tersedia melimpah di sekitar tempat anda tinggal. Pastikan jika hewan ternak domba yang anda miliki untuk tidak mengeluarkan suara "embe" terus menerus yang menandakan ia lapar dan minta di beri makan. Selain mencari rumput anda juga harus rajin memberi domba anda minum.

Dalam memelihara domba selain memberi pakan anda tidak diwajibkan memotong bulu-bulu domba biarkan saja hingga tebal. Untuk mencegahnya dari serangan udara dingin.

Setelah dua tahun dengan kesabaran anda dapat menjual hewan domba peliharaan anda untuk dijadikan hewan kurban saat hari raya idul adha. Harga jual hewan kurban domba (tahun 2021) sekitar 2- 5 juta lebih dengan acuan tujuh domba sama dengan satu sapi (7 domba = 1 sapi atau 1 sapi untuk tujuh orang dan 1 domba untuk satu orang ) harga sapi berkisar 35 juta lebih. 1 Sapi Limosin 36 juta = 7 domba gemuk berusia 2 tahun lima juta lebih. 1 sapi biasa seharga 13 juta = 7 domba berusia 1 tahun seharga 2 juta.

Selain untuk kebutuhan hewan kurban hewan ternak domba juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan syukuran kelahiran anak atau aqiqah dengan ketentuan anak laki-laki 2 domba dewasa sementara anak perempuan 1 domba dewasa. Dapat menggunakan domba jantan maupun domba betina. Hukum nya Sunnah muakad ibadah yang juga sangat dianjurkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline