Lihat ke Halaman Asli

wulanindri

agustin

Udah Nikah, kok Udah "Sold Out"

Diperbarui: 8 Juni 2021   09:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Emang manusia lajang itu barang gituh? Entah dari mana istilah itu muncul. Ya, istilah "sold out" bagi yang sudah menikah khususnya para cewek. Istilah ini bahkan sangat umum digunakan oleh kalangan terpelajar bahkan kalangan yang paham ilmu agama. 

Istilah sold out sendiri merupakan bahasa Inggris yang artinya habis terjual dan biasa digunakan atau dipadankan pada benda atau barang jualan. Sepertinya istilah ini mulai ngetrend di awal-awal tahun 2015 dan kemungkinan besar istilah gaul ini digunakan oleh para pria kepada kawan prianya yang menikah. 

Baca juga: Kalau Ditanya "Kapan Nikah", Jawab Saja "Tolong Jodohkan Saya"

Istilah gaul yang artinya laku terjual atau habis terjual yang digunakan untuk menandai kawannya yang sudah menikah lebih dulu. Sesungguhnya dalam hal jodoh setiap masing-masing insan baik itu pria maupun wanita sudah memiliki pasangan nya masing-masing dan itu sudah di pastikan oleh Allah SWT seperti yang dalam salah satu surat nya.

Baca juga: "Lajang" Sebagai Sangsi Kebudayaan?

Setelah banyak nya penggunaan istilah sold out ini muncul istilah lainnya yang marak di gunakan di kalangan remaja yakni istilah "gak laku" atau "belum laku" yang di tunjukkan untuk kawannya yang belum menikah. 

Baca juga: Benarkah Jomblo Membuat Bahagia?

Meskipun istilah ini bisa dikatakan menambah khazanah perbahasaan namun dalam hal ilmu agama penggunaan istilah ini dinilai rancu karena menyamakan status seseorang dengan barang dagangan yang dijajakan.

Semoga penggunaan istilah ini berkurang dan di ganti dengan pembendaharaan kata yang lebih tepat untuk mengistilahkan pria dan wanita yang masih jomblo dan yang sudah menikah.

Wallahu a'lam bisshowab




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline