Lihat ke Halaman Asli

agustina dewi setyari

Dosen FIB Unej

Tim Pengabdian FIB Unej Aktifkan Perpustakaan Desa Lengkong Kabupaten Jember Melalui Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Desa

Diperbarui: 2 Agustus 2024   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Penelitian FIB Unej

Tim pengabdian FIB Unej melaksanakan kegiatan pengabdian berupa pelatihan pengelolaan perpustakaan desa. Program  ini bertujuan meningkatkan kemampuan pengelolaan perpustakaan di tingkat desa, yang dapat meliputi pelatihan tentang katalogisasi, manajemen koleksi, promosi literasi, dan pengelolaan administratif. Tim pengabdian ini berasal dari Kelompok Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat: Kontak Bahasa di Wilayah Tapal Kuda, yang dikenal dengan "Keris Dimas Kobataku". Tim tersebut dipimpin oleh Dra. Anastasia Erna R. S, M.Hum., dengan anggota Dr. Agus Sariono, M. Hum., dan Drs. Kusnadi, M.A. 

Dra. Anastasia Erna, selaku ketua tim, menyatakan harapannya agar Desa Lengkong dapat mengelola dan meningkatkan perpustakaan desanya.

"Desa Lengkong sudah memiliki aturan berkaitan dengan perpusatakaan desa dan telah memiliki ruang baca, namun belum ada pengelolaan yang optimal. Oleh karena itu, kami memberikan pelatihan ini agar perpustakaan desa bisa berkembang," ujarnya.

Sekretaris Desa Lengkong, Santos, menyampaikan rasa terima kasihnya atas pelatihan yang diberikan oleh tim pangabdian Unej.

"Kami berterima kasih kepada tim pengabdian Unej yang telah memberikan pelatihan ini. Kami berharap ruang baca kami, yang telah lama dirintis dan telah ber-SK, dapat berkembang setelah adanya pelatihan ini," ungkapnya.

Pelatihan ini menghadirkan tiga pemateri dari pengelola perpustakaan Universitas Jember, yaitu Khusnun Nadhifah, S.Kom., Iswahyudi, S.Sos., M.M., dan Maya Pradhipta H., S.Sos. Materi yang disampaikan mencakup regulasi, manfaat, fungsi, pengadaan, dan pengelolaan perpustakaan. Acara berlangsung dengan antusiasme tinggi, dihadiri oleh perangkat desa, ibu-ibu PKK, guru, dan mahasiswa KKN dari STDI Jember.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi masyarakat Desa Lengkong dalam mengelola perpustakaan desa, sehingga dapat meningkatkan minat baca dan pendidikan di desa tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline