Lihat ke Halaman Asli

Agustina Rahmawati

Belajar Menulis

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1

Diperbarui: 19 Februari 2023   19:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Diagram Freyer Pembelajaran Berdiferensiasi. Dokpri

Klaten, 19 Februari 2023

 

JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN

MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Oleh : Agustina Rahmawati, S.Pd.T

(CGP Angkatan 7 Jab. Klaten)

Assalamu;alaikum Wr Wb

Salam dan bahagia

Pada awal modul 2 ini, saya merefleksikan hasil dari kegiatan yang saya ikuti di LMS ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ini membahas materi pada Modul 2.1 mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan. Model refleksi yang saya pakai menggunakan model 4 P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

1. Peristiwa

Kegiatan pendidikan Calon guru penggerak pada modul 2.1 diawali dengan kegiatan Pretest pada tanggal 8 Februari 2023. Sistem pembelajaran masih menggunakan LMS dengan alur belajar MERDEKA (Mulai dari diri ,Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual,Elaborasi Pemahaman,Koneksi antar materii dan Aksi nyata).

Dari tanggal 8 Februari 2023 dialur mulai dari diri adalah awal untuk mempersiapkan diri dalam menerima pengetahuan baru pada modul 2.1, Mulai dari diri dengan melakukan refleksi diri dengan menjawab beberpa pertanyaan berkaitan tentang keberagaman murid di kelas, tantangan yang di hadapi dalam melaksankan pembelajaran dengan keberagaman murid tersebut kemudian saling menanggapi terhadap paparan jawaban dari CGP lain.

Dari tanggal 9 sampai dengan 13 Februari 2023 dilanjutkan alur eksplorasi konsep melalui LMS secara daring .saya menjawab beberapa pertanyaan dan menanggapi jawaban CGP lain terkait materi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid. Pengertian pembelajaran berdiferensiasi, miskonsepsi pembelajaran berdiferensiasi dan kebutuhan belajar murid. Memetakan kebutuhan belajar murid serta terakhir melakukan refleksi.

Pada tanggal 14 Februari 2023 di alur Ruang kolaborasi 1 saya bersama kelompok rekan CGP lain jenjang SMP dan SMK untuk berdiskusi menganalisis skenario kasus pembelajaran berdiferensiasi dari sebuah Naskah sekenario pembelajaran jenjang SMP, hasil dari diskusi kelompok ini  akan dipresentasikan pada Ruang Kolaborasi 2.

Pada tanggal 15 Februari 2023 saya bersama kelompok CGP SMP dari kelas B dengan bimbingan Fasilitator Bapak SUPOMO melakukan presentasi dan tanya jawab hasil kegiatan diskusi Ruang Kolaborasi 1,kemudian selanjutnya mengunggah tugas kelompok tersebut ke dalam LMS.

Pada alur Demonstrasi Kontekstual yaitu mulai tanggal 16 Februari 2023 saya membuat dan mengunggah RPP Berdiferensiasi ke LMS kemudian saya memberikan tanggapan (umpan balik ) terhadap RPP Berdiferensiasi yang dibuat oleh rekan CGP lain. Pada tanggal 19 Februari 2023 saya melengkapi dan mengunggah RPP Berdiferensiasi yang saya buat ke LMS pada bagian unggah tugas Demonstrasi Kontektual 2.1.


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline