Lihat ke Halaman Asli

Agustina Purwantini

TERVERIFIKASI

Aktif pula di blog pribadi www.tinbejogja.com

Mereka Inilah Pahlawan Perkeretaapian Indonesia Menurut Saya

Diperbarui: 19 Agustus 2023   20:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Stasiun Gawok (Dokpri Agustina)

Kita sama-sama mafhum bahwa wajah dunia perkeretaapian Indonesia telah amat berubah. Katakanlah, P. T. KAI telah sangat mereformasi diri secara besar-besaran. Dari yang semula kumuh dan tidak asyik sama sekali, kini bertransformasi menjadi moda transportasi pilihan yang nyaman.

Tentu ada banyak faktor yang saling bersinergi, demi mewujudkan reformasi total seperti itu. Salah satunya faktor kebersihan, baik kebersihan stasiunnya maupun kebersihan kereta apinya (termasuk kebersihan selama kereta api sedang dalam perjalanan).

Saya pikir dari sekian banyak faktor yang bersinergi itu, perihal kebersihan bisa dikatakan sebagai garda terdepan. Yang paling dapat dilihat dan dirasakan duluan.

Sebelum khalayak merasakan perbaikan-perbaikan dalam hal lain, faktor kebersihan adalah sesuatu yang dapat langsung dinikmati. Sekaligus dapat menjadi bukti bahwa layanan kereta api Indonesia telah membaik. Tidak patut lagi dipandang sebelah mata.

Lebih dari itu, perubahan dari kumuh bin semrawut menuju bersih dan rapi sesungguhnya merupakan perubahan sebuah budaya. Yang berarti melibatkan manusia. Adapun dalam hal ini, manusia yang terlibat adalah SDM yang bekerja di P. T. KAI. Terkhusus yang jobdesk-nya di bagian kebersihan.  

Sementara Anda sekalian tentu mafhum bahwa mengubah/mengatur manusia itu tak gampang. Terlebih perubahan ke arah yang baik. Yang berarti butuh kesadaran dan kedisiplinan tinggi.

Jadi, orang-orang yang tergabung dalam tim kebersihan P. T. KAI, baik yang bertugas bersih-bersih di stasiun maupun yang menjadi OTC (On Train Cleaning, yaitu petugas kebersihan di kereta selama perjalanan) memang patut diacungi jempol.

Iya. Mereka telah bersedia bekerja keras menjaga kebersihan. Di sepanjang waktu. Demi kenyamanan semuanya. Terutama para penumpang kereta api.

FOTO

Gerbong KRL yang bersih (Dokpri Agustina)

 

Anda yang kerap naik kereta api, baik jarak jauh maupun jarak dekat, tentu tak asing dengan OTC yang in action tiap 30 menit sekali. Bahkan untuk toilet, biasanya dibersihkan tiap 20 menit sekali.

Istilahnya, jangan sampai penumpang yang meminta petugas kebersihan untuk membersihkan sampah atau kotoran lainnya. Jauh sebelum disuruh, sang petugas kebersihan akan sigap terlebih dulu untuk membersihkannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline