Lihat ke Halaman Asli

Agustina Purwantini

TERVERIFIKASI

Aktif pula di blog pribadi www.tinbejogja.com

LokalCorn Webinar Series yang Menginspirasi Startup Lokal Go Nasional

Diperbarui: 5 Agustus 2021   00:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SS Dokpri

Sungguh suatu hal yang patut disyukuri ketika saya bisa mengikuti acara LokalCorn Webinar Series yang berlangsung dua hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 27-28 Juli 2021. Materi yang disampaikan amat bermanfaat. Bisa menjadi jawaban atas kekepoan saya terhadap dunia startup. Yup! Pucuk dicinta ulam tiba. Saat sedang ingin tahu mengenai startup, malah berkesempatan mengikuti acara LokalCorn Webinar Series ini.

Asyiknya, jadwal waktunya pun pas bagi saya. Betapa tidak? Acara dilaksanakan pukul 15.00-17.00 WIB, sore hari, yang berarti tugas kenegaraan sebagai ibu rumah tangga tak sebanyak di pagi hari. Jadi, saya bisa tenang dan penuh konsentrasi mengikutinya.

LokalCorn Webinar Series sesungguhnya merupakan ajang bagi para pemilik startup untuk mempertajam strategi dan ide bisnis. Dengan demikian, harapannya kelak ide bisnis yang dimiliki dapat berkembang pesat dan kuat. Jika posisinya sudah mantap, sebuah startup tentu lebih mudah dalam mencari investor. Cita-cita Startup Lokal Go Nasional pun bakalan mewujud nyata.

LokalCorn Webinar Series yang didukung oleh Tribunnews dan HP Indonesia ini menghadirkan lima narasumber yang disebut RocketTeams. Wow .... Rocket! Mungkinkah disebut demikian sebab tujuannya adalah meroketkan startup?

Pada hari pertama hadir tiga RocketTeam yang telah amat berpengalaman di bidang bisnis masing-masing. Ketiganya adalah William Sunito (Founder TokoWahabCom), Fransiska P. W. (Co-founder WomenWorks), dan Gibran Huzaifah (Founder & CEO eFishery). Moderatornya Brenda Kwan.

SS Dokpri

Pada hari kedua hadir dua RocketTeam, yaitu Diajeng Lestari (Co-founder Hijup Apps) dan Juvenco Pelupessy (Skystar Capital). Moderatornya tetap Brenda Kwan (cuma ganti warna baju).

Kelima RocketTeam sama-sama keren di jalan masing-masing. Tantangan dan kesulitan yang mereka hadapi dalam membangun startup berlainan, namun semua mampu menaklukkan tantangan dan kesulitan tersebut. Modalnya hanya satu: GIGIH! Tidak menjadikan mundur dan menyerah sebagai pilihan.   

Membangun startup pun butuh sikap dinamis. Tidak Kaku. Ketika ada rencana yang tidak berjalan harus sigap mengubah haluan dan berimprovisasi. Yang terpenting ujungnya sama dengan rencana semula, yaitu mengembangkan startup hingga semaksimalnya.

Para RocketTeam dengan blak-blakan berbagi cerita tentang perjalanan sukses mereka. Mulai dari menangkap ide bisnis yang ditindaklanjuti dengan membuat rencana atas ide bisnis tersebut secara detil, kemudian mewujudkannya dengan membangun startup sesuai dengan modal (uang) yang dimiliki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline