Lihat ke Halaman Asli

Agustina Pasaribu

Mahasiswi Universitas Riau

Beberapa "Dare" untuk Diri Sendiri

Diperbarui: 7 Maret 2022   16:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Sering kali kita merasa tidak pantas dengan lingkungan karena kita berpatokan pada standar lingkungan itu sendiri. Sering kali kita merasa paling buruk diantara orang-orang, lagi-lagi karena standar lingkungan. 

Standar lingkungan yang bagaimana? Misalnya yang pantas disebut cantik adalah yang memiliki kulit putih, hidung mancung, badan tinggi rambut lurus dan sebagainya. Yang pada akhirnya membuat kita kecewa pada diri kita sendiri, karena merasa belum memenuhi standar yang dibuat oleh lingkungan. Namun kembali lagi, semua itu akan terjadi hanya apabila kita tidak percaya pada diri kita sendiri. 

Ada pepatah yang berkata “Kau adalah apa yang kau percayai tentang dirimu sendiri”. Jadi bagaimana orang lain akan mempercayai kita dan bagaimana orang lain akan memandang kita adalah dimulai dari bagaimana kita mempercayai diri kita sendiri.

Pencapaian orang lain juga kadang menjadi penyebab ketidak percayaan kita paa diri kita sendiri. Sering kali kita membandingkan pencaaian kita dengan apa yang orang lain capai, padahal kita tau manusia memiliki porsinya masing-masing. 

Memang terkadang kita membutuhkan orang lain atau saingan untuk memotivasi kita, tapi bukan berarti kita harus bergantung pada competitor kita.

Jadi, perlukah kita melihat performance dari pesaing kita? Tentu saja perlu! tetapi bukan karena ketergantungan. Kita membutuhkan mereka untuk mendapatkan praktik terbaik yang ada disekitar kita. Dengan begitu kita bisa tahu di mana level prestasi kita.

Dari sisi lain, kita juga melihat kemampuan sendiri. Seberapa tinggi prestasi yang bisa dicapai. Untuk itulah diperlukan kegigihan untuk menantang diri sendiri untuk mencapai prestasi tertinggi yang mungkin dicapai.

Disini saya akan jabarkan tantangan atau yang bisa kita sebut DARE itu berdasarkan kata-kata motivasi dari orang-orang hebat di dunia ini.

1. “Risk more than other think is safe. Care more than other think is wise. Dream more than other think is practical. Expect more than other think is possible” – Claude T. Bissell

“Ambillah risiko yang lebih besar dari apa yang dipikirkan orang lain aman. Berilah perhatian lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal”- Claude T. Bissell

Bissell mengajarkan kita bagaiana seharusnya memulai hari dengan semangat, penuh antusias dan tentunya dengan pikiran yang positif dalam menyambut setiap cobaan didalam hidup. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline