Lihat ke Halaman Asli

Agustina Genda

Guru smk 5 Makassar

Literasi, Catatanku Menantimu

Diperbarui: 18 Juli 2024   07:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Literasi merupakan langkah menuju pembelajaran yang kita dapatkan melalui teknik membaca ataupun menulis serta cara menyimak dan menerapkan sesuatu yang kita dapatkan, utamanya pembelajaran dimana kita mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan bernilai positif sehingga mendapat manfaat yang lebih terarah dan menciptakan generasi yang dapat menjunjung tinggi nilai akhlak di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. 

Berliterasi itu sangat penting untuk kita terapkan, karena bukan hanya sebagai acuan yang kita dapatkan tapi menjadi jalan dan petunjuk sesuai program yang sedang di jalankan demi kemajuan agar dapat meraih kesuksesan untuk membentuk karakter yang baik dalam kehidupan setiap hari menuju keadaan yang lebih baik dari sebelumnya. 

Dengan menciptakan literasi yaitu melalui membaca, maka akan memahamkan dan mendapat materi baru untuk dijalankan sebagai ilmu pengetahuan dan begitupun melalui menulis dapat mengetahui ilmu pengetahuan yang di kerjakan dengan mencatat beberapa catatan penting yang dapat menyimak hal yang baik dan bersifat membangun karakter. 

Jadi memang langkah menuju ke suksesan haruslah di dukung oleh banyak berliterasi agar melalui membaca, menulis dan menyimak dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain,  sebab setelah kita mentransfer ilmu pengetahuan yang kita ajarkan maka akan melahirkan generasi yang akan berjuang untuk belajar agar hidupnya kelak lebih berarti dan bermanfaat untuk keluarga dan lingkungannya. 

Melalui doa, perjuangan dan kerja keras yang dilakukan akan melahirkan suatu bentuk atau  dapat menciptakan hasil yang tidak mengecewakan. Dengan berliterasi maka akan bermanfaat demi kemajuan kita bersama yang di telah di bina secara terarah dan berkesinambungan, Insya Allah tidak ada usaha dengan kerja keras yang sia-sia karena semua akan bermanfaat demi mencapai kemajuan. 

Tentulah kiranya semua kebaikan akan mendapatkan manfaatnya, dari dunia pendidikan misalnya pemerintah setempat peduli dengan anak yang harus di bina dan di kembangkan bakatnya agar dapat tersalurkan minat bakat mereka, baik di dunia olah raga, bela diri, seni, karya tulis serta kursus bahasa dan masih banyak yang lainnya untuk kemajuan guna menciptakan benih generasi kita di era sekarang.

 Kondisi dalam menghadapi berbagai rintangan dewasa ini, bukan suatu penghalang untuk menempuh berbagai kemajuan di dunia pendidikan, malah kita lebih termotivasi untuk memperkaya pengetahuan lewat berliterasi. Maka marilah kita terapkan berliterasi agar dapat mencatat hal penting karena catatanku akan menantimu, karena itu sangat berarti demi ke majuan kita bersama untuk selanjutnya dalam membina akhlak dan  karakter. Lakukanlah langkah selanjutnya yang lebih berarti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline