Lihat ke Halaman Asli

Program Magang MBKM di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jember Meningkatkan Kemampuan Soft Skill & Hard Skill Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember

Diperbarui: 21 Desember 2023   20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Magang MBKM yang dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jember oleh Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember

Program magang MBKM (Merdeka Bebas Kampus Merdeka) yang dilaksanakan di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jember oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember didasarkan atas Surat Pengantar Magang Mahasiswa No. 7422/UN25.1.1/SP/2023 yang ditandatangani tanggal 18 Agustus 2023 oleh Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Bayu Dwi Anggono, S.H., M.H., dengan rentang waktu selama 15 minggu terhitung mulai tanggal 21 Agustus hingga 1 Desember 2023. Program magang MBKM mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember diikuti oleh 287 mahasiswa dan 26 diantaranya magang di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jember. Kegiatan magang MBKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan soft skill & hard skill mahasiswa agar lebih relevan dengan kebutuhan zaman.

Dalam pelaksanaannya program magang MBKM di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jember diawasi oleh satu Dosen Pembina Lapangan (DPL) yaitu Bapak Igam Arya Wada, S.H., M.H. dan satu orang mentor yaitu Ibu Nailus Syifa. Dimana dalam proses magang ini terdapat pembagian kelompok yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerja mahasiswa agar lebih efektif disetiap bagian/seksi kantor. Kelompok magang tersebut terbagi menjadi 3 bagian yang akan bergantian magang selama 2 (dua) minggu sekali. Disetiap pergantian magang menerapkan sistem rolling per bagian atau seksi kantor agar nantinya mahasiswa peserta magang dapat meningkatkan berbagai pengalaman dan pengetahuan.

Para mahasiswa peserta magang MBKM dituntut untuk aktif, disiplin dan bertanggungjawab dalam menjalankan kegiatan magang di kantor sehari-harinya. Selain itu, mahasiswa peserta magang juga harus mencatat setiap kegiatan yang dilakukan di bagian atau seksi kantor yaitu dengan membuat logbook yang akan dikumpulkan setiap satu minggu sekali kepada mentor magang. Penulis sebagai salah satu peserta magang dalam program MBKM di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jember selama kurang lebih 15 minggu atau 3 bulan, banyak memperoleh ilmu dan pengetahuan serta pengalaman baru yang tidak didapat dibangku perkuliahan sehingga hal ini tentunya akan melatih dan meningkatkan keterampilan soft skill & hard skill mahasiswa untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

Kegiatan magang di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jember yang dilakukan oleh penulis selaku peserta magang dilaksanakan di beberapa bagian yaitu Intaltuskim Custumer Service (WNA) dan Lantaskim (Serah Paspor) yang terdapat dilantai satu serta Tata Usaha (Urusan Keuangan) dilantai dua. Berikut beberapa kegiatan yang biasa dilakukan penulis selaku peserta magang selama kegiatan magang berlangsung di beberapa sub bagian atau seksi tersebut :

  • Intaltuskim Custumer Service (WNA)

Membantu melayani Pemohon paspor dalam hal melakukan foto, sidik jari dan tanda tangan digital sebagai syarat untuk memenuhi perpanjangan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) WNA di Indonesia.

Membantu memfotocopy paspor dan berkas-berkas lainnya yang digunakan oleh WNA untuk melengkapi berkas permohonannya guna memperpanjang izin tinggalnya di Indonesia.

Membantu menulis nama Pemohon beserta dengan nomor permohonannya di buku Arsip setelah permohonan selesai dimohonkan oleh WNA selaku Pemohon, yang kemudian diserahkan ke petugas ruang Arsip guna diparaf sebagai tanda bahwa hari dan tanggal tersebut terdapat beberapa berkas permohonan WNA yang sudah selesai.

  • Tata Usaha (Urusan Keuangan)

Membantu mendownloud & mengeprint/memfotocopy kwitansi bukti pembayaran untuk melengkapi berkas pengeluaran dana.

Membantu menstempel surat perintah bayar maupun berkas pengeluaran dana untuk menandai pihak yang bertanggungjawab dalam penerimaan barang ataupun uang.

Membantu mengantarkan berkas pengeluaran dana yang telah lengkap ke beberapa staf pengelola sub bagian Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jember untuk ditandatangani.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline