Lihat ke Halaman Asli

Agustia Luthfi

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan:))

Apakah Media Sosial Berdampak Negatif bagi Kehidupan?

Diperbarui: 15 Juli 2021   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ponorogo, 15 Juli 2021    

     Waktu terus berjalan,perubahan zaman terus bergulir,semuanya akan terus berlalu, berbagai perubahan dan perkembangan akan terus berjalan. Semuanya terjadi dengan perubahan yang begitu pesat, bukan tanpa alasan perubahan- perubahan ini terjadi seiring dengan perkembangan zaman dan juga kebutuhan manusia dimasa kini dan juga mendatang. Perubahan dari setiap aspek kehidupan terjadi, pola hidup, gaya hidup, kebutuhan dan segala sesuatunya berubah.

Perubahan teknologi pun tidak dapat dihindarkan, mulai dari teknologi transportasi, teknologi medis juga teknologi informasi dan komunikasi dan lain sebagainya. Transportasi yang dulu masih menggunakan delman ataupun malah berjalan kaki, hingga sekarang ini berbagai macam transportasi telah tersedia, motor, mobil, pesawat, yang dimana pada saat ini bisa dipesan melalui aplikasi online. Pada saat saya masih kecil, saya masih merasakan bagaimana dulu jika ingin bepergian, kadang kala angkutan umum seperti angkot, dan yang lebih sering adalah delman yang dimana pada saat itu masih jarang yang mempunyai motor. Begitu pula dengan teknologi informasi dan teknologi komunikasi yang berkembang begitu pesat.

Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat berdampak bagi kehidupan sehari- hari kita. Perkembang ini tidak dapat dihindari oleh orang-orang yang berada di masa kini, bagaimana tidak, saat ini segala sesuatnya membutuhkan komunikasi dan informasi. Semuanya berlangsung menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Lantas apa sajakah yang termasuk dalam tekonologi informasi dan komunikasi? Yang termasuk teknologi informasi dan komunikasi antara lain seperti komputer, internet dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membahas mengenai internet dan teman- teman sejenisnya.

     Zaman seperti saat ini siapa yang tidak menggunakan internet? Jarang sekali bukan yang tidak menggunakan, bukan tanpa sebab, internet seperti kebutuhan yang tidak bisa dijauhkan pasa saat ini. Saya sebagai salah satu mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan sudah dipastikan menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari saya. Internet atau singkatan interconnected network yaitu sistem koneksi jaringan yang menghubungkan komputer dan gadget diseluruh dunia, atau dengan kata lain penghubung antar gadget di seluruh dunia. Tanpa internet kita tidak dapat mengakses berbagai macam media sosial yang ada, dengan adanya gadget dan internet kita bisa mengakses segala informasi yang ada pada sosial media, dari hal ini bisa kita lihat betapa mudahnya kita dapat mengakses internet yang ada.

Gadget sendiri terdiri dari berbagai macam, antara lain seperti handphone/ smartphone, laptop, notebook, komputer, tablet dan lain sebagainya. Smartphone adalah adalah salah satu jenis gadget yang paling banyak digunakan, selain harganya yang lebih terjangkau daripada komputer dan laptop, juga smartphone mudah digunakan dan bisa dibawa kemana pun tanpa perlu tempat yang besar, bahkan bisa ditaruh dikantong baju maupun celana. Walaupun smartphone memiliki harga yang terjangkau, tidak sedikit pula smartphone yang harganya bahkan belasan bahkan puluhan juta, ya sesuai dengan keunggulan yang dipunya juga biasanya menawarkan fitur- fitur yang menarik.

Gadget- gadget ini pun selalu berinovasi dan berkembang, jika kita mengikuti perkembangan gadget, terutama smartphone maka tidak akan ada habisnya, terus berevolusi, berkembang, dan menjadi lebih baik. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan para produsen terus bersaing bagaimana produk yang  mereka jual lebih unggul dari pada pesaing, sehingga kita akan bingung sendiri jika dihadapkan dengan berbagai merek smartphone, tentu kita juga harus membeli sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kita punya, lebih tepatnya pandai- pandai memilih smartphone.

     Hampir kebanyakan orang saat ini pasti mempunyai yang namanya gadget, namun yang paling banyak diantara pasti smartphone. Setiap orang yang mempunyai smartphone dipastikan dapat mengakses internet, bagaimana tidak internet adalah suatu hal yang dapat mudah didapatkan. Saat ini banyak sekali saya lihat bukan hanya orang dewasa yang mempunyai smartphone bahkan anak SD zaman sekarang pun sudah dibekali benda itu.

Berbeda dengan anak SD ketika zaman saya dulu atau bahkan sebelum- sebelum saya, yang dimana masa kecilnya dihabiskan untuk bermain dengan teman sebaya tanpa mengenal gadget, kalau dipikir- pikir seru sekali ya anak zaman dulu yang masih main masak- masakan menggunakan tanah liat, tumbuh- tumbuhan untuk main masak- masakan, bermain petak umpat,bersepeda dan masih banyak sekali permainan yang dilakukan oleh anak- anak zaman dulu yang belum mengenal gadget. Sekarang banyak kita lihat anak- anak kecil yang sudah pandai bermain smartphone, kesehariannya dihabiskan di depan layar handphone, bisa dikatakan itu adalah "kecanduan".

Tidak usah jauh- jauh bahkan diri saya sendiri juga bisa dikatakan kecanduan oleh sosial media, namun bagaimana pun karena saya juga mempunyai kesibukan, saya paham bagaimana saya harus mengurangi memakai smartphone, bisa juga adik- adik saya bahkan nenek saya pun juga mengalami hal yang sama. Terkadang lupa waktu, juga sering kali didalam kamar tidak mengerjakan pekerjaan rumah yang harusnya dia lakukan, adik saya sendiri yang masih kecil juga ketika sudah bermain handphone berjam-jam lalu ketika sudah waktunya diminta, sering sekali menangis dan ingin terus menerus menggunakan smartphonenya untuk menonton Youtube.

     Bisa kita lihat dari film "The Social Dilemma" banyak sekali pengetahuan yang bisa kita ambil, juga salah satunya seperti yang saya katakan diatas, yang dimana kecanduan adalah suatu hal yang banyak terjadi disetiap Negara yang ada didunia ini. Selama saya menonton film ini saya jujur sangat terpaku dalam setiap menitnya, dan saya sangat menyarankan kepada teman- teman untuk menonton filmnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline