Lihat ke Halaman Asli

Agustan Tan

Mahasiswa

Fluktuasi Minyak Nilam di Kabupaten Konsel

Diperbarui: 21 Desember 2023   14:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo Lokal. Sumber ilustrasi: PEXELS/Ahmad Syahrir

Minyak Nilam merupakan salah satu produk ugalan di sub sektor Perkebunan di Kab Konsel, Mengigat nilai ekonomis komoditi minyak Nilam cukup tinggi.

Petani Nilam di beberapa desa di Kab Konsel mengeluhkan turunnya harga minyak dalam beberapa bulan terakhir ini. Pada awal tahun 2021 hingga akhir harga minyak Nilam dengan kualitas terbaik bisa mencapai harga Rp 650-700 ribu per kilo gram . Namun pada awal tahun 2022 hingga di bulan Mei tahun 2023 kini alami penurunan hingga 500 ribu 550 per kilo gram.  

Adanya faktor penyebab turunnya harga minyak Nilam yang memukul petani di daerah kab Konsel ,selain karena pengusaha penyulingan yang mengolah batang Nilam sangat terbatas sehingga memicu petani tidak lagi kualitas minyak yang nantinya akan dihasilkan sehingga standar harga yang di patok pembeli tidak sesuai lagi yang diinginkan pasar.

Menurut saya adanya penurunan harga minyak Nilam di daerah kab Konsel memicu sumber pencaharian rupiah para petani di daerah Konsel . Saran saya adalah  pengusaha penyulingan minyak Nilam menahan agar harga Nilam yang paling rendah 500 ribu per kilogram untuk memperbaiki perekonomian di kab konsel




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline