Lihat ke Halaman Asli

A. S. Pamuji

Paralegal

Kursi Kosong dan Hilangnya Menkes Terawan

Diperbarui: 29 September 2020   04:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: tangkapan layar/Youtube Najwa Shihab

Mata Najwa yang ditayangkan di kanal Youtube Najwa Shihab pada Senin, 28 September 2020 tidak ada narasumber alias hanya mewawancarai "kursi kosong", yang seyogianya disiapkan untuk Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.

Meski sudah berkali-kali diundang oleh tim Mata Najwa, Menkes Terawan tak juga hadir di Mata Najwa, hingga episode bertagar #MataNajwaMenantiTerawan yang sempat trending di Twitter pada Senin malam.

Padahal, di masa pandemi ini, Mata Najwa bisa menghadirkan sejumlah pejabat yang ikut bertanggung jawab soal pengambilan kebijakan penanganan penyebaran Covid-19. Bahkan, Presiden Jokowi pun sempat diwawancarai secara eksklusif terkait penanganan pandemi ini.

Meski beberapa waktu yang lalu Mata Najwa berhasil menghadirkan berbagai level pejabat pengambil kebijakan, tetapi tetap Menkes Terawan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Karena Menkes Terawan merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat yang mempunyai kewenangan terkait kebijakan di sektor kesehatan.

Namun, sejak kasus pertama Covid-19 pada bulan Maret hingga kini, Menkes Terawan yang ditunggu kehadirannya justru entah ke mana. Padahal, publik menantikan langkah-langkah strategis apa yang diambil Kemenkes dalam menangani pandemi ini.

Dalam Mata Najwa yang bertajuk #MataNajwaMenantiTerawan itu, Najwa Shihab mengajukan berbagai pertanyaan terkait penanganan Covid-19. 

Tentunya, pertanyaan yang dilontarkan Najwa Shihab ditujukan kepada Menkes Terawan yang terwakilkan oleh "kursi kosong", sebagai kekecewaan sekaligus sindiran karena tak pernah hadir dalam Mata Najwa untuk memberikan keterangan kepada khalayak terkait penanganan Covid-19.

"Mengapa menghilang, Pak? Anda minim sekali muncul di depan publik memberi penjelasan selama pandemi. Rasanya Menteri Kesehatan yang paling low profile di seluruh dunia selama wabah ini hanya Menteri Kesehatan RI," tanya Najwa kepada kursi kosong, dikutip dari channel Youtube Najwa Shihab, Senin (28/9).

Sebelum menghilang dan tak ada kabar, Menkes Terawan yang mengawali karirnya sebagai dokter militer itu sempat meremehkan virus corona sebelum ada kasus positif di Indonesia. Namun, ketika kasus positif meledak dan sosoknya dinanti kehadirannya, Menkes Terawan justru tak diketahui di mana rimbanya.

Di media sosial seperti Twitter dan Instagram, warganet terus menaikan tagar #MataNajwaMenantiTerawan serta mengapresiasi apa yang dilakukan Najwa Shihab.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline