Lihat ke Halaman Asli

agus siswanto

tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Raih Piala AFF U-19 2024, Catatan Hattrick Sempurna Indra Syafri atas Thailand

Diperbarui: 30 Juli 2024   10:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indra Syafri untuk ketiga kalinya kalahkan Thailand untuk rebut tropi (Sumber gambar: pssi.org)

Indra Syafri patut bernapas lega kali ini. Meski harus menghadapi gempuran keras dari timnas Thailand, Indonesia akhirnya mampu meraih tropi tersebut.

Indra Syafri pun mampu membungkam nada meremehkan yang selama ini muncul dari media Vietnam. Kegagalan timnas Vietnam membuat media Vietnam membabi buta menyerang Indonesia.

Namun meskipun demikian, satu catatan menarik ditorehkan Indra Syafri lewat tropi tadi malam. Dengan kemenangan 1-0 tersebut, Indra Syafri mencatat sebuah hattrick. Dalam catatan sejarah, Indra Syafri telah mengalahkan Thailand dalam 3 kesempatan.

Kenyataan ini seakan membuka misteri bahwa Indra Syafri sebenarnya lebih ingin bertemu Thailand di babak semifinal. Patut dicatat bahwa Indra Syafri mempunyai catatan minor saat berhadapan dengan Malaysia.

Namun untung Indra Syafri mampu melewati Malaysia di babak semifinal. Dalam situasi mirip dengan saat menghadapi Thailand. Gol semata wayang hasil bunuh diri tidak sengaja kiper Malaysia, membuat Dony Tri dan kawan-kawan tampil di babak final.

Catatan pertama Indra Syafri atas Thailand terjadi di ajang Piala AFF U-22 2019. Dalam ajang yang digelar di Olympic Stadium, Kamboja kedua tim bertemu di babak final.

Dua gol Indonesia saat itu dihasilkan oleh Sani Rizki dan Oswaldo Hay. Hebatnya, gol kemenangan Indonesia tercipta di menit ke-87 lewat Oswaldo Hay.

Catatan kedua, terjadi di ajang SEA Games ke-32 Kamboja tahun lalu (16/5/2023). Catatan ini seakan menjadi dejavu bagi Indra Syafri karena terjadi lagi di Olympic Stadium Kamboja.

Setelah mengatasi Vietnam di babak semifinal, Indonesia berhadapan dengan Thailand di babak final. Pertandingan berlangsung dramatis.

Hingga waktu normal, kedudukan 2-2 tercipta hingga harus melalui tambahan waktu. Pertandingan sengit terjadi di babak tambahan yang ditandai dengan kartu merah pada pemain Vietnam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline