Lihat ke Halaman Asli

agus siswanto

tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Bermain Tanpa Beban, Denmark Potensi Kalahkan Jerman dalam Babak 16 Besar Euro 2024

Diperbarui: 29 Juni 2024   16:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cristian Eriksen, punggawa Denmark saat hadapi Serbia di fase grup Euro 2024 (Sumber gambar: eufa.com)

Dalam babak 16 besar Denmark harus berhadapan dengan tuan rumah sekaligus kandidat juara Euro 2024, Jerman. Dengan hanya finish di posisi kedua klasemen, otomatis Denmark harus berhadapan dengan juara grup A, Jerman.

Meski harus berhadapan dengan tim full Bintang, Denmark terlihat santai memandang pertandingan ini.

Hal ini salah satunya terungkap dari bek Denmark yang bermain di Dortmund.

"Jerman adalah tim yang bagus, dan kami tahu kualitas mereka. Mereka bermain di kandang sendiri, tetapi untuk memenangkan turnamen, Anda harus mengalahkan semua orang," ungkap bek Denmark Joakim Maehele dilansir dari laman rfesmi Euro 2024, Rabu (26/6/2024).

"Jadi jika kami menghadapi (Jerman) sekarang di semifinal atau perempat final, itu tidak masalah. Kami harus mengalahkan mereka," lanjutnya.

Keyakinan itu yang ada pada pemain Denmark. Catatan poin minim dalam fase grup, bukan halangan bagi Denmark. Mereka meyakini akan meledak pada waktunya.

Keyakinan ini terasa masuk akal, sebab Denmark dipastikan akan bermain tanpa beban. Sebab secara apapun, Jerman jauh lebih baik dibandingkan Denmark.

Namun hal ini justru diduga akan menjadi beban tersendiri bagi Jerman. Kedudukan sebagai tuan rumah dan skuad yang kuat, membuat pendukung tidak ingin melihat tim mereka mengalami kekalahan dan tersingkir dari ajang Euro 2024 yang diselenggarakan di Jerman.

Sikap senada muncul juga dari Eriksen, sosok penting dalam skuad Denmark. Apa yang dikatakan tentang posisi timnya sangat masuk akal.

"Banyak orang tampaknya berpikir bahwa kami sudah kalah, jadi kami dapat bermain dengan bebas dan memberikan segalanya. Saya ingin menunjukkan bahwa kami dapat bersaing dengan (dengan tim terbaik) di turnamen ini. saya yakin kami dapat mengalahkan Jerman, tetapi banyak hal yang harus kami lakukan bersama-sama," ungkap Eriksen dari laman resmi Euro 2024, Sabtu (29/6/2024).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline